Berita Nasional Terpercaya

Bupati Sleman Ajak Warga Jaga Kerukunan di Momen Idul Adha

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Sleman, Minggu (10/7). Sebelumnya, Shalat Idul Adha juga dilaksanakan di Lapangan Denggung Sleman, Sabtu (9/7).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat agar Hari Raya Idul Adha dijadikan sebagai momen refleksi untuk meningkatkan kualitas diri. Ia pun mengajak warga Sleman untuk terus menjaga kerukunan dan menciptakan kedamaian bersama.

“Di hari suci ini, mari kita manfaatkan sebagai momen refleksi diri sehingga kita dapat meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik,” tuturnya.

“Bersama-sama, mari kita juga menjaga kerukunan bersama sehingga semua warga Sleman dapat memberikan rasa aman untuk satu sama lain,” imbuhnya.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Danang Maharsa mengucap syukur saat ini, warga Sleman dapat melaksanakan Sholat Ied bersama-sama usai tertunda karena wabah Covid-19. Penyelenggaraan shalat Idul Adha kali ini menjadi wujud nyata kebersamaan masyarakat untuk menanggulangi pandemi setelah aktivitas yang sebelumnya dibatasi.

Pada momen Idul Adha 1443 Hijriyah ini, Bupati dan Wakil Bupati Sleman beserta sejumlah instansi  memonitor pemotongan hewan kurban di beberapa tempat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan hewan yang disembelih aman dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Monitoring ini dibagi menjadi dua rombongan. Rombongan Bupati Sleman memonitor di Masjid Al Fatah, Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan, dan Masjid Al Qodr, Kalurahan Girikerto Kapanewon Turi. Kemudian rombongan Wakil Bupati Sleman, memonitor di Masjid Ar Rahman, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, dan masjid Nurul Huda, Kalurahan Puwomartani, Kapanewon Kalasan.

Dari pantauan tersebut, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyebut tidak menemukan hewan kurban yang terinfeksi virus PMK. Ia memastikan seluruh hewan yang dikurban dalam kondisi sehat sehingga aman bagi masyarakat. “Setiap yang mau melakukan penyembelihan, komunikasi ke Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, lalu dokter datang. Alhamdulillah tidak ada yang kena PMK,” ungkapnya.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. Di sela-sela kunjungannya di masjid Nurul Huda, Kalurahan Puwomartani, Kapanewon Kalasan mengapresiasi seluruh warga yang bergotong royong untuk melakukan penyembelihan dengan tetap memperhatikan SOP.

“Saya juga berpesan kepada masyarakat agar mengolah dagingnya secara benar sebelum dikonsumsi,” kata Danang.

Danang juga memberikan apresiasi kepada para dokter hewan yang juga turun melakukan monitoring penyembelihan hewan qurban di wilayah Kabupaten Sleman. Pada Idul Adha kali ini, kurang lebih 200 dokter hewan di Kabupaten Sleman memantau secara langsung penyembelihan hewan qurban oleh masyarakat. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.