Berita Nasional Terpercaya

COVID-19 Terkendali di Brunei, Ribuan Masyarakat Indonesia Salat Idul Adha Bersama di KBRI Bandar Seri Begawan

1

BRUNEI, BERNAS.ID – Pada Minggu, 10 Juli 2021, KBRI Bandar Seri Begawan menyelenggarakan salat Idul Adha 1443 H untuk masyarakat Indonesia yang berada di Brunei Darussalam. Salat dimulai tepat pada pukul 07.00 pagi dan dihadiri ribuan jamaah. Seperti halnya tahun lalu, KBRI mengadakan salat Idul Adha dengan pertimbangan situasi COVID-19 yang sudah relatif terkendali di Brunei Darussalam.

“Alhamdulillah, situasi tahun ini lebih baik, sehingga untuk kedua kalinya, setelah pandemi COVID-19, KBRI bisa kembali mengadakan Salat Idul Adha bersama masyarakat Indonesia, ” ujar Duta Besar RI untuk Brunei, Dr. Sujatmiko.

Baca juga: Warga Brunei Peminat Kopi Antusias Ikuti Promosi Kopi KBRI

Namun demikian, sebagai upaya preventif, kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti membawa sajadah sendiri, wajib menggunakan masker, dan pengecekan suhu badan pada saat memasuki kompleks KBRI, serta diimbau agar yang hadir adalah yang telah negatif ART (Antigen Rapid Test).

Baca juga: Festival Rendang Minang Digelar Di Brunei Darussalam

Sejak pagi hari,  antusiasme terlihat jelas di wajah jamaah masyarakat Indonesia yang hadir. Tahun ini merupakan tahun kedua bagi masyarakat Indonesia untuk dapat kembali melaksanakan Salat Ied. Pada tahun 2020, mengikuti anjuran Pemerintah Brunei Darussalam dalam mengatasi pandemic COVID-19, maka KBRI Bandar Seri Begawan tidak mengadakan Salat Ied.

Bagi masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam, Salat Ied  merupakan ajang berkumpul dan mempererat silaturahmi antar Warga Negara Indonesia (WNI) dan juga sebagai sedikit pengobat rindu akan suasana kampung halaman.

Dalam Salat Ied kali ini, Ust. Rustam Harahap bertindak selaku Imam, dan Ust. Yadir Beli sebagai Bilal, serta sebagai Khatib, yaitu Ust. Prof Dr Shohibuddin Laming. Dalam khotbahnya, Khatib mengajak jamaah untuk terus mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah, terutama kesehatan, kepada semua masyarakat Indonesia di Brunei dan di tanah air. Dengan perayaan Idul Adha ini, diharapkan semakin terbentuk jiwa solidaritas kita sebagai Bangsa Indonesia untuk saling membantu. Khatib juga mengajak jamaah untuk berdoa bersama untuk saudara-saudara kita di Tanah Air agar terus berhasil mengendalikan kasus COVID-19.

Di Brunei Darussalam, 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada 10 Juli 2021 sesuai hasil rukyah yang disyahkan Ketua Hakim Syarie, Mahkamah Syariah, Jabatan Kehakiman Negara, Mufti Kerajaan, Kementerian Agama dan Kementerian Pembangunan, setelah melakukan pengamatan bilal setidaknya di lima lokasi di wilayah Brunei. Tahun ini penduduk Brunei merayakan Idul Adha 1443 H pada 10 Juli 2022, yang sama dengan warga di Indonesia dan beberapa negara lainnya, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: COVID-19 Terkendali Di Brunei, Ribuan Masyarakat Indonesia Salat Idul Adha Bersama Di KBRI Bandar Se… […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.