Berita Nasional Terpercaya

FGD Digelar Untuk Tingkatkan Komitmen Penyejahteraan Hewan Ternak

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Animal Friends Jogja (AFJ), organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk peningkatan kesejahteraan serta perlindungan hewan di Indonesia mengadakan kegiatan Focus Group Discussion mengenai pelaksanaan animal welfare di Indonesia, dengan tema “Peningkatan kesejahteraan satwa yang diternakkan, khususnya ayam (petelur dan pedaging) dan bebek”.

Diskusi ini digelar Kamis, 14 Juli 2022 di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY untuk menyosialisasikan pentingnya kesejahteraan satwa yang diternakkan.

Rully Prayoga selaku Campaign Manager World Animal Protection yang menjadi pembicara utama menjelaskan, Pemerintah Indonesia didorong untuk menindaklanjuti rencana dari tahun 2014 untuk membentuk komite kesejahteraan hewan yang bertugas mengembangkan standar dan strategi kesejahteraan hewan baru.

Pemerintah Indonesia juga didorong untuk menyelaraskan semua tanggung jawab kesejahteraan hewan di bawah satu Kementerian, dengan sumber daya yang tepat untuk penelitian, implementasi, dan penegakan hukum.

“Akuntabilitas pemerintah dalam kesejahteraan hewan masih sangat rendah sekali,” tegasnya.

Baca juga: Permintaan Sterilisasi Hewan Di Jogja Cukup Tinggi

Kementerian terkhusus hal ini menurut dia harus bertanggung jawab untuk memberlakukan undang-undang kesejahteraan hewan dan untuk memantau penerapan standar kesejahteraan hewan. Serta juga mengalokasikan akuntabilitas untuk kesejahteraan hewan di tingkat pemerintah.

“Pemerintah kita lebih memprioritaskan kesrawan (kesejahteraan hewan) binatang liar daripada hewan di kandang. Padahal hewan ternak itu lebih dekat dengan kita,” ungkapnya.

Baca juga: Aktivis Kesejahteraan Hewan Protes Pertunjukan Lumba-Lumba Di Sekaten

Ia mencontohkan, banyak sekali ayam ternak di Indonesia yang stress karena ditempatkan di kandang baterai. Terdapat juga banyak praktek mutilasi dan genetika ekstrem yang diterapkan pada ayam.

“Hasilnya ditemukan banyak kandungan antibiotik di daging ayam yang dijual di gerai-gerai [ayam goreng] terkenal, yang tempatnya bersih dan ruangannya ber-AC,” ungkap dia.

Caecilia Ika selalu Sub Koordinator Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY yang membuka acara mengatakan, peternak harus memahami bahwa hewan yang tidak stress akan menurut ketika akan disembelih. Karena itu, isu kesejahteraan hewan harus benar-benar diperhatikan untuk menciptakan hasil pangan hewani yang optimal.

“Hewan yang stress ketika dipotong kualitas dagingnya juga menurun,” kata dia. (den)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : FGD Digelar Untuk Tingkatkan Komitmen Penyejahteraan Hewan Ternak […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.