Berita Nasional Terpercaya

Kalurahan Bangunkerto Akan Membangun Kawasan Agrowisata

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi melalui Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Mina Gadung menginisiasi pembangunan kawasan agrowisata di wilayahnya. Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berkesempatan meletakkan batu pertama untuk memulai proses pembangunan.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Kustini berharap nantinya kawasan agrowisata di Kalurahan Bangunkerto dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar. Untuk itu, Pemkab Sleman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) akan memberikan pendampingan dan dukungan yang diperlukan. “Di Sleman ini kan banyak hotel dan banyak restoran. Masalah penjualannya bagaimana, nanti kami bantu,” tuturnya.

“Tapi nantinya juga harus dibarengi dengan gerakan gemar makan ikan karena ikan baik untuk kecerdasan,” imbuhnya.

Selain itu, Kustini juga melakukan panen ikan secara simbolis di salah satu kolam milik Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Mina Gadung. Tampak hadir Kepala Dinas DP3 Sleman, Ir Suparmono yang juga ikut memanen ikan.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Ketua KPI Mina Gadung, Mawardi menyebut 46 tenaga kerja di KPI Mina Gadung berasal dari masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Ia mengatakan KPI Mina Gadung berdiri pada tahun 2019 lalu.

Gadung mengatakan, nantinya di kawasan agrowisata akan dibangun beberapa fasilitas di antaranya pasar ikan, display ikan, spot selfie dan gapura. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman yang telah memberikan bantuan hibah berupa Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Sentuhan Kincir Air berupa bibit, pakan, kincir dan genset,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.