Berita Nasional Terpercaya

Banjir Terjang Bogor dan Garut, Ratusan Rumah Terendam, 1 Orang Tewas Tertimbun

0

BOGOR, BERNAS.ID – Banjir dan longsor menerjang Bogor dan Garut di Jawa Barat setelah kawasan itu diguyur hujan siang dan malam.

Di Kota Bogor, banjir dan longsor terjadi di 12 lokasi. Satu orang dikabarkan tewas tertimbun.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, banjir terjadi di 10 titik lokasi. Sementara longsor menerjang enam lokasi. Selebihnya adalah bangunan roboh di lima lokasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio mengatakan, bencana alam tersebut terjadi pada Jumat (15/7/2022) malam.

Baca juga: Banyumas Dikepung Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Bencana banjir, lanjut Theofilo, terjadi di 10 titik yang tersebar di Kecamatan Bogor Barat, Tanah Sareal, dan Bogor Utara.

Baca juga: Banjir Di Jalan Nasional Purworejo-Kebumen Mulai Surut

Lokasi banjir tersebut meliputi:

– Perumahan Green View RT02 RW10 Kelurahan Situgede; RT 01 RW 01 Kelurahan Margajaya; RT 03 RW 08 Kelurahan Semplak.

– Kampung Pabuaran RT 02, 03 RW 03 Kelurahan Cibadak; RT 03 RW 11 Kelurahan Tanah Baru; Komplek Bukit Cimanggu City Blok W3 No 1 Kelurahan Mekarwangi dan; Komplek Bukit Mekarwangi Residence, Kelurahan Mekarwangi.

– RT03 RW 06 Kelurahan Kencana; RT 04 RW 16 Kelurahan Tegal Gundil; dan Taman Sari Persada, Kelurahan Cibadak.

Lalu bencana longsor terjadi di enam titik, yakni Kampung Got RT 02 RW 08 Kelurahan Curug, Bogor Barat. Kemudian RT 03 RW 01 Kelurahan Cibadak.

Tanah longsor susulan terjadi di RT 01 RW 03 Kelurahan Semplak dan Kampung Munjul RT 02 RW 06 Kelurahan Kayu Manis.

Selanjutnya di RT 02 RW 01 Kelurahan Genteng, Bogor Selatan dan tanah longsor di Kampung Jawa RT 02 RW 07 Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat.

Satu korban meninggal dunia atas nama Manah (52) karena tertimbun material dinding yang ambrol di belakang rumahnya.

Menurut Theo, proses evakuasi jasad korban memakan waktu cukup lama karena posisi korban terjepit tembok yang cukup besar, sehingga ruang manuver petugas pun sangat terbatas.

“Di lokasi ini ada rumah yang tertimpa longsoran dari rumah yang lain. Di mana rumah yang satu itu lebih tinggi posisinya sehingga ada rembesan air atau aliran air yang mengakibatkan runtuhnya tembok dan menimpa ke rumah (korban) yang di bawah. Sehingga tidak sempat mengevakuasi diri,” ungkapnya.

Theo mengatakan, proses evakuasi mulai dilakukan dari 6.30 WIB dan korban baru bisa diangkat pukul 08.30 WIB, sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Bangunan roboh dan jebol terjadi sejumlah lokasi, di antaranya di Gang Pancoran RT 03 RW 08 Kelurahan Semplak; RT 01 RW 02 Kelurahan Kedung Halang; Kampung Salabenda RT 05/04, Kelurahan Kayumanis, Tanah Sareal dan; di RT 05 RW 08 Kelurahan Cibuluh, Bogor Utara.

Banjir di Garut

Hujan deras yang menerjang hampir di seluruh wilayah di Kabupaten Garut menyebabkan aliran Sungai Cimanuk meluap, Jumat (15/7/2022) malam.

Laporan sementara, banjir di Garut tersebut merendam ratusan rumah di dua kecamatan, yakni Tarogong Kidul dan Garut Kota.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meminta BPBD lebih dulu melakukan evakuasi warga yang terdampak.

“Banyak rumah yang terendam, evakuasi dulu orang, baru yang lainnya, selamatkan dulu (jiwa) baru yang lainnya menyusul,” ujarnya.

Kapolsek Tarogong Kidul, Kompol Alit Kadarusman mengatakan ada dua desa di wilayahnya yang terdampak banjir yakni Desa Haurpanggung dan Desa Sukakarya.

“Ketinggian air dua meter, lokasinya sangat dekat dengan Sungai Cimanuk,” ujarnya.

Ia menyebutkan banjir tersebut dipicu oleh tingginya curah hujan yang terjadi dari Jumat sore hingga malam.

“Ratusan rumah terendam, saat ini sedang fokus evakuasi korban terdampak,” ucapnya.

Akibat dari banjir tersebut sejumlah wilayah di kawasan perkotaan juga mengalami pemadaman listrik sementara.

Selain di wilayah perkotaan, banjir juga dilaporkan terjadi di wilayah Bayongbong, Cisurupan dan Cikajang. Beberapa permukiman warga di wilayah selatan dilaporkan terendam banjir. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.