Berita Nasional Terpercaya

Merti Dusun Lamuk Legok Diiringi Kirab Puji Jagad

0

TEMANGGUNG, BERNAS.ID – Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menghadiri prosesi Merti Dusun Lamuk Legok, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Rabu (13/7). Tampak hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Saltiono Atmadji, Forkompimcam Tlogomulyo, dan budayawan Andi Yoes Nugroho.

Prosesi keliling Dusun Lamuk Legok diiringi Kirab Puji Jagad untuk menuju mata air Tuk Kembang Ringin. Arak-arakan budaya ini juga diikuti kelompok kesenian, antara lain Reog Ponorogo, drumband, jaran kepang, dan topeng ireng.

Baca Juga Guru Bangsa Buya Syafii Tutup Usia, Ganjar Pranowo Berkisah

Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan membaca Pancasila mengawali upacara prosesi Merti Dusun Lamuk Legok dengan membawa dua gunungan yang berisi sayuran dan hasil bumi. Setelah sampai di Tuk Kali Ringin, kedua gunungan tersebut didoakan oleh sesepuh masyarakat Dusun Lamuk Legok. Selanjutnya, gunungan disedekahkan kepada masyarakat.

Bupati Temanggung mengatakan Desa Legoksari, menjadi salah satu desa yang setia memegang adat dan tradisi di wilayah Temanggung bagian selatan dengan acara adat yang dilaksanakan rutin setiap tahun.

“Ini harus kita pertahankan dan harus menjadi menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya di Kabupaten Temanggung. Sebab, desa yang memegang tradisi adat istiadat nenek moyang akan tetap terjaga persaudaraan guyub rukun masyarakatnya,” katanya.

Lanjut tambahnya, Kirab Puji Jagad merupakan acara adat bagi masyarakat Desa Legoksari untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena diberikan kehidupan yang makmur. “Kita diberikan sumber mata air melimpah yang jernih. Sumber mata air ini sebagai sumber kehidupan dan penghidupan masyarakat,”ujarnya.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

“Kita juga diberikan tanah yang subur makmur, ditanami apa saja hasilnya sangat baik. Desa Legoksari dan seluruh wewengkon desa ini terkenal di seantero jagad dengan tembakau Srinthil, tembakau terbaik di seluruh dunia. Ditanami Kopi Arabika juga terbaik dan paling khas,” imbuhnya.

Bupati pun mengajak masyarakat Temanggung untuk tetap menjaga suasana kehidupan yang baik ini dan mendapatkan berkah dari Allah. “Semoga dengan melaksanakan kirab Puji Jagad, masyarakat Lamuk Legok menjadi masyarakat sentosa dan raharja,” tandasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.