Berita Nasional Terpercaya

Program Pengabdian Masyarakat Dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pelatihan Monitoring Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita Berbasis Aplikasi Android Bagi Ibu Balita, Kader Posyandu dan Guru PAUD.

Balita adalah masa emas untuk kehidupan selanjutnya. Balita yang sehat ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, sesuai standar. Monitoring pertumbuhan dan perkembangan balita secara rutin diperlukan utuk memastikan status kesehatan dan kualitas hidup anak.

Baca Juga : Diluncurkan Ulang, Zona PAUD Taman Pintar Miliki Sarana Edukasi Baru 

Tidak dipungkiri bahwa smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, bahkan telah digunakan sebagai sarana pelayanan promosi kesehatan bagi masyarakat.

Aplikasi DEPA (Desain pertumbuhan dan perkembangan anak berbasis android) adalah inovasi yang dikembangkan oleh Dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Dr Tri Siswati,SKM,M.Kes dan tim melalui berbagai tahapan pengujian.

Baca Juga : Cegah Stunting, Ibu Hamil dan Balita di Sleman Akan Disuplai Makanan Tambahan

Tentu saja kelayakan aplikasi ini telah diuji melalui multitesting. Aplikasi ini dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 2 tahun 2020 tentang standar antropometri balita dan Buku KIA tahun 2020- sangat user friendly untuk ibu balita, kader posyandu, guru PAUD maupun programmer di bidang kesehatan untuk memastikan tumbuh kembang anak.

“Pelatihan ini bermitra dengan masyarakat Kalurahan Argorejo-Sedayu-Bantul, dengan tujuan untuk mensosialisasikan sekaligus meningkatkan ketrampilan user,” ujarnya.

Kegiatan dilakukan dalam 3 bulan sejak bulan Mei hingga Juli 2022. Evaluasi dan closing ceremony dihadiri oleh Lurah Argorejo, Ngadimin, SH, seluruh peserta pelatihan dan tim pengabdian masyarakat. (cdr)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Program Pengabdian Masyarakat Dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.