Berita Nasional Terpercaya

Zelensky Pecat Lagi Pejabat yang Diduga Berkolusi dengan Rusia

0

UKRAINA, BERNAS.ID – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky memecat wakil Kepala Badan Intelijen Nasional Ukraina (SBU) karena diduga berkolusi dengan Rusia tanpa menjelaskan identitas dan alasannya. Sebelumnya, Zelensky Kepala Badan Intelijen Nasional Ukraina (SBU), Ivan Bakanov, dan Jaksa Agung Iryna Venediktova setelah mendapat dukungan parlemen.

Diberitakan Reuters, Zelensky kemudian menunjuk lima direktur regional SBU baru pada hari Selasa (19/7).

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Ketua fraksi partai di parlemen Ukraina, sekutu dekat Zelensky, David Arakhamia mengatakan Venediktova akan tetap ada di jajaran pemerintahan. Menurutnya, ia akan memegang jabatan diplomatik.

“Dengan pengalamannya akan melayani negara di tempat baru, yang perlu diperkuat dengan manajer dan pengacara profesional,” tulisnya di Telegram.

Di sisi lain, Bakanov mengakui telah melakukan sejumlah kesalahan selama menjabat Kepala SBU jelang detik-detik sebelum dipecat. Namun, ia mengaku tetap bangga dengan pencapaian kerjanya.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Sebelumnya, diberitakan AFP pekan lalu, Zelensky memecat Venediktova dan Bakanov di tengah tingginya jumlah kasus dugaan pengkhianatan di kalangan penegak hukum Ukraina. “Hari ini, saya putuskan melepas tugas mereka sebagai jaksa agung dan kepala keamanan Ukraina,” ujarnya.

Ia memaparkan lebih dari 650 kasus dugaan pejabat Ukraina yang berkolusi dengan Rusia dan saat ini tengah diselidiki. 60 kasus pejabat berada di wilayah yang dikuasai Rusia.

Zelensky menilai sejumlah besar kejahatan terhadap basis keamanan nasional yang melibatkan Rusia menimbulkan pertanyaan yang sangat serius bagi para pemimpin terkait. “Setiap pertanyaan seperti itu akan dijawab,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.