Berita Nasional Terpercaya

Biden Mengaku Pernah Mengidap Kanker, Gedung Putih Klarifikasi

0

AMERIKA SERIKAT, BERNAS.ID – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menyebut dirinya pernah menderita penyakit kanker saat curhat soal kampung halamannya di Claymont, Delaware, yang dekat dengan kilang minyak. Cerita itu disampaikan dalam diskusi perubahan iklim tentang dampak buruk energi fosil di Massachusetts, Rabu (20/7).

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Seperti diberitakan Anadolu Agency, dalam diskusi tersebut, Biden mengaku tumbuh besar di sekitar kilang minyak yang mengeluarkan emisi yang berdampak pada kesehatannya saat ini.

“Itulah mengapa saya dan banyak orang, yang tumbuh bersama saya, menderita kanker. Dalam jangka waktu lama, Delaware juga punya tingkat kanker tertinggi di negara ini,” tutur Biden.

Namun, usai Biden berbicara perihal kankernya, Juru Bicara Gedung Putih, Andrew Bates segera mengklarifikasi pernyataan sang presiden. Menurutnya, pernyataan Biden itu merujuk pada kondisinya kesehatannya sebelum menjabat sebagai presiden AS.

Andrew mengatakan, sebelum menjabat sebagai presiden, Biden memang dikabarkan pernah menderita kanker kulit, namun kini sudah diangkat.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Berdasarkan laporan The Telegraph, riwayat kanker kulit Biden dikaitkan dengan kebiasaan sang presiden menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari di masa mudanya tanpa menggunakan pelindung matahari, bukan akibat paparan bahan bakar fosil.

Dalam laporan kesehatan November lalu, Biden pun dinyatakan sudah bebas kanker. Dokter O, Connor tersebut juga menyampaikan kanker kulit yang diderita Biden saat ia kerap terpapar sinar matahari. Bukan karena paparan bahan kimia yang dipakai industri minyak.

“Sudah pasti Presiden Biden menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari saat masih muda,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.