Berita Nasional Terpercaya

Sleman Rutin Desinfeksi Kandang Ternak Minimalisir PMK

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman terus melaporkan kasus harian aktif PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang masih cukup tinggi. Penanganan PMK di lapangan tetap dilaksanakan rutin termasuk desinfeksi kandang ternak.

Data total kasus PMK per tanggal 21 Juli 2022 pukul 12.00 WIB, dari 5.529 ekor sapi tercatat sakit 4.271 ekor, sembuh 1080 ekor, mati 153 ekor, dan 25 ekor potong bersyarat.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Kepala Dinas DP3, Suparmono menyebut proses desinfeksi kandang ternak telah dilakukan di wilayah Kapanewon Pakem, Cangkringan, Turi mulai pukul 08.00-11.00 WIB, Jumat (22/7). “Dukungan disinfektan berupa  jenis eco enzym sebanyak  450-500 liter dari pengurus eco enzim Sleman, sedangkan peralatan handsprayer mendapat dukungan dari Polda, BPBD Sleman, dinas, atau kelompok ternak,” tuturnya.

Ia menyebut untuk dukungan personil, 15 orang dari BPBD, 30 orang dari Polda DIY, 20 orang dari Polres Sleman, 6 orang dari TNI, 25 orang dari Dinas Pertanian, dan 7 orang dari Relawan Eco Enzim Sleman.

“Kegiatan diawali dengan apel bersama di titik kumpul langsung di masing-masing Puskeswan, lalu dilaksanakan breafing terkait pelaksanaan penyemprotan disinfektan,” ujarnya.

Suparmono menyampaikan setelah berjalan lebih dari 2 bulan, pasca Hari Raya Idul Adha 2022, penambahan kasus harian sudah mulai menurun sekitar 24-60 kasus per hari karena penanganan ternak sakit dengan pengobatan dan penerapan boisecurity yang ketat.

“Kandang ternak yang akan disasar dalam kegiatan desinfeksi ini menyasar 8 titik lokasi, baik zona hijau, zona kuning dan zona merah dengan menerapkan SOP dan ketentuan biosecurity yang ketat,” ucapnya.

“Selain desinfektan, tim juga akan memberikan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada para peternak agar para peternak mengetahui pentingnya desinfeksi dan manfaat Eco Enzym dalam penanggulangan PMK,” imbuhnya.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Di sisi lain, satgas PMK juga membagikan eco enzym kepada kelompok ternak agar dapat melakukan desinfeksi mandiri terutama untuk kandang-kandang di zona merah.

“Sleman sudah menerima 3.900 dosis vaksin dari Kementan. Nantinya, 800 dosis untuk vaksinasi tahap kedua dari dosis pertama yang akan dilaksanakan hari Selasa tanggal 26 Juli 2022. Sedangkan 3100 dosis merupakan vaksin tahap pertama yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Agustus 2022,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.