Berita Nasional Terpercaya

Ukraina Tak Ingin Gencatan Senjata dengan Rusia Sampai Wilayahnya Kembali

0

UKRAINA, BERNAS.ID – Ukraina tidak ingin gencatan senjata dengan Rusia sampai wilayahnya yang diduduki dikembalikan. Menurutnya, gencatan senjata hanya akan memberi kesempatan Rusia untuk memperluas wilayahnya.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan gencatan senjata hanya akan memungkinkan Rusia untuk memperluas dan mempertahankan wilayah Ukraina yang diduduki sejak Februari 2022. “Membekukan konflik dengan Rusia hanya memberi Federasi Rusia waktu istirahat,” tuturnya seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (23/7).

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Lanjut tambahnya, untuk gencatan senjata, semua wilayah Ukraina yang diduduki Rusia harus dibebaskan terlebih dahulu. Setelah itu, Ukraina baru akan bernegosiasi dengan Rusia. “Masyarakat percaya semua wilayah harus dibebaskan terlebih dahulu dan kemudian kami dapat bernegosiasi tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana kami bisa hidup di abad-abad mendatang,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Administrasi Militer Wilayah Donetsk Ukraina Pavlo Kyrylenko mengatakan pasukannya menguasai 45 persen wilayah timur Ukraina, Donbas pada Juni 2022 lalu. Hal itu berarti pasukan Rusia menguasai mayoritas wilayah Donetsk.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengatakan militer Rusia berencana menguasai wilayah Ukraina lainnya. Rusia sebelumnya sempat ingin merebut ibu kota Kyv beberapa bulan lalu. Namun, hal itu gagal dilakukan.

Empat bulan berikutnya, Rusia berhasil mengambilalih Luhansk atau satu dari dua provinsi yang membentuk Donbass. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.