Berita Nasional Terpercaya

Peringatan 141 Tahun Kelenteng Poncowinatan Berlangsung Semarak

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Halaman Kelenteng Kwan Tee Kiong atau Kelenteng Poncowinatan Yogyakarta tampak lebih ramai dari biasanya di akhir pekan ini. Di halaman bangunan tua ini, nampak sejumlah stan berderet, menjajakan beragam kuliner. Tidak hanya stan makanan dan minuman, ada juga stan tempat membatik, stan archery club, stan shufa dan guohua, ramal nujum dan i-ching.

Sejumlah orang juga nampak silih berganti berdatangan. Ramainya Kelenteng Poncowinatan tidak lepas dari perayaan ulang tahun Kelenteng ini yang ke-141. Selama tiga hari, Jumat (22/7) – Minggu (24/7) beragam kegiatan digelar kelenteng ini. Pembawa acara memandu dengan dua bahasa. Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin.

Di sisi lain ada yang bermain panahan, ada yang mempersiapkan untuk pagelaran wayang. Sejumlah orang penabuh gamelan dan sinden juga telah bersiap. Gelaran wayang kali ini menampilkan akulturasi budaya, yakni Wayang Cina Jawa (Wacinwa) dengan lakon Sie Jin Kwi, dibawakan dalang Ki Aneng Kriswantoro.

Ketua Pelaksana Perayaan HUT ke-141 Kelenteng Poncowinatan, Muwardi Gunawan mengatakan, dengan berbagai kegiatan dalam HUT ini diharapkan dapat menambah rasa cinta kasih, toleransi, kerukunan antar suku, ras, budaya, agama di Nusantara, terkhusus di Jogja. “Menjaga nilai Pancasila dan budaya Indonesia,” katanya, Sabtu (24/7/2022).

Baca juga: Zhong Qiu Jie 2019 Bakal Digelar Di Kelenteng Poncowinatan

Selain menghidupkan seni budaya Tionghoa yang lama ditinggalkan, diharapkan rangkaian kegiatan dengan hadirnya berbagai stan dagangan dan kegiatan, dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Potensi Pecinan di wilayah Kranggan menurut dia dapat menjadi potensi wisata baru di Jogja.

Baca juga: Kini Pojok Baca Cantika Hadir Di Klenteng Poncowinatan

Sebagai tambahan informasi, Kelenteng Poncowinatan didirikan pada 1879 saat kepemimpinan Sri Sultan HB VII. HB VII saat itu memberikan tanah hibah. Untuk menghormati Kraton Yogyakarta, bangunan kelenteng dibuat menghadap ke selatan, ke arah Kraton. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.