Berita Nasional Terpercaya

Lima Persen SD di Temanggung Kekurangan Siswa

0

TEMANGGUNG, BERNAS.ID – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Temanggung mencatat setidaknya 5 persen sekolah dasar di kabupaten tersebut kekurangan siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo mengatakan, dari 434 sekolah negeri yang menjadi kewenangan Pemkab Temanggung lima persennya kekurangan siswa.

“Sekolah yang mengalami kekurangan siswa tetap melaksanakan pembelajaran di kelas,” kata Agus Sujarwo, Minggu (24/7/2022).

Baca Juga: IPM Temanggung Meningkat Jadi 69,88 Persen

Agus Sujarwo mengatakan, ada beberapa Sekolah Dasar (SD) yang pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 tidak memenuhi kuota.

Tetapi, jumlahnya tidak banyak, secara persentase dari 434 hanya sekitar 5 persen saja yang mengalami. Itu pun tetap memenuhi untuk melaksanakan pembelajaran.

“Kita bersyukur tidak ada sekolah yang siswanya hanya satu atau dua, di Temanggung rata-rata 7 – 8 siswa,” kata dia.

Baca juga: Longsor Dan Angin Kencang Terjang Temanggung

Dia menyampaikan sejumlah sekolah yang kekurangan siswa diantaranya ada di Kecamatan Tembarak dan Tretep. Di tembarak ada di Desa Greges sedangkan Tretep di Desa Sigedong.

Dia mengatakan, pihaknya belum melakukan regrouping atau penggabungan sekolah. Sebab banyak faktor yang menjadi pertimbangan di antaranya jarak.

“Jika digabung maka siswa siswi itu jaraknya terlalu jauh ke sekolah sehingga masih dipertahankan untuk melaksanakan pembelajaran,” ujarnya.

Menurut Agus sekolah kekurangan siswa karena keberhasilan program Keluarga Berencana (KB). Berdasar survei jumlah siswa TK di daerah juga sedikit. Selain itu memang di beberapa desa yang sekolahnya lebih dari satu sehingga berbagi. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.