Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Menjadi Presiden Pertama yang ke China di Tahun 2022

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Luar Negeri mengabarkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke China dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pukul 13.00 WIB, Senin (25/7). Kunjungan Jokowi ke China merupakan bagian dari misi lawatan ke negara-negara Asia Timur.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Jokowi menjadi presiden pertama yang menemui Presiden Xi Jinping di Beijing China pada tahun 2022 ini. Mantan Walikota Solo ini juga diagendakan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan pekan ini.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan lawatan Presiden Jokowi ke tiga negara Asia Timur untuk membawa misi penguatan kerja sama ekonomi. “Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” tuturnya dalam jumpa pers virtual, Kamis (21/7).

Baca Juga Buya Syafii Ingin Hidupkan Kembali Muhammadiyah Di Kampung Halamannya, Sumatra Barat

Lanjut tambahnya, Jokowi juga akan membahas sejumlah isu di kawasan Asia-Pasifik. “Selain membahas penguatan kerja sama bilateral, Presiden dan para pemimpin ketiga negara tersebut, di dalam pertemuan bilateral masing-masing, akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional,” bebernya.

“Rencana kunjungan Presiden RI ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo 27 Juli, dan ke Seoul 28 Juli 2022. Kunjungan ini adalah kunjungan yang singkat, tiga hari untuk tiga negara,” imbuhnya.

Agendanya, Jokowi akan bertemu dengan berbagai petinggi negara. Di China, Jokowi bakal bertemu dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping. Di Jepang, Jokowi akan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. Sedangkan, di Korsel, Jokowi bakal bertemu dengan Presiden Yoon Suk Yeol. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Jokowi Menjadi Presiden Pertama Yang Ke China Di Tahun 2022 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.