Berita Nasional Terpercaya

Bangunan Perajin Emas dan Perak di Kotagede Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sebuah bangunan semi permanen yang digunakan oleh perajin emas dan perak di kawasan Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta terbakar Senin malam (25/7/2022) sekitar pukul 21.30 WIB.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa, namun penyewa bangunan bernama Priyono (34) merugi ratusan juta akibat kejadian itu.

Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharjo mengatakan, sekitar jam 20.30 WIB penyewa bangunan pergi untuk mandi di kost.

Dia memastikan kompor di dapur dalam keadaan tidak menyala, serta lampu di dalam rumah juga telah dipadamkan.

Hanya lampu teras depan saja yang saat itu dibiarkan Priyono menyala.

“Dia kemudian ditelpon tetangga bahwa tempatnya kebakaran,” kata AKP Timbul, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Ruko Di Mantrijeron Terbakar, Api Diduga Bersumber Dari Lemari Es Krim

Timbul menjelaskan, menurut keterangan saksi api berasal dari dalam rumah dan seketika merembet ke sudut bangunan yang luasnya sekitar 66 meter persegi.

Setelah api membesar warga bergotong royong untuk mengeluarkan mobil jenis Mazda nomor Polisi AB 1456 SH yang ada di dalam bangunan dengan cara didorong.

“Selanjutnya warga menelpon pemadam kebakaran dan datang 2 unit pemadam kebakaran menyemprot air. Api berhasil dipadamkan pukul 21.30 WIB,” papar Timbul.

Baca juga: Gedung Hotel Ibis Style Dagen Terbakar

Dijelaskan Timbul, akibat kejadian itu Priyono mengalami kerugian materi berupa kerusakan mobil, alat kerajinan perak, beberapa barang titipan pelanggan yang akan diperbaiki berupa emas dan perak dengan nilai total sekitar Rp100 juta.

“Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” terang Timbul.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi rumah ketika hendak ditinggal agar terhindar dari bahaya kebakaran. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.