Berita Nasional Terpercaya

Erdogan Klaim Putin Tertarik Drone Turki

0

RUSIA, BERNAS.ID – Presiden Rusia, Vladimir Putin, tertarik bekerjasama untuk menggunakan dan mengembangkan drone Turki setelah sukses dipakai Ukraina. Dikabarkan, Rusia dan Uni Emirat Arab ingin bekerjasama dengan perusahaan pembuat drone Bayraktar, Baykar.

Diketahui, Baykar sendiri merupakan perusahaan yang membuat drone tempur Bayraktar TB2 dan Akinci. Kedua drone itu dipuji kemampuannya saat perang Azerbaijan mengalahkan Armenia tahun 2020.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Hal tersebut diungkapkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dalam pertemuan pejabat Partai AK (Partai Keadilan dan Perkembangan), Selasa (26/7) seperti dilaporkan CNN Turki. Ia menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan kerjasama dengan Baykar.

“Putin mengatakan, ‘Ayo bekerja bersama Baykar.’ UEA memberikan tawaran kepada saya dan mengatakan, ‘Kita bisa membangun pabrik Baykar di sini’,” ujar Erdogan

Lanjut tambahnya, Putin mengajukan proposal kerjasama saat memuji pencapaian industri militer Turki di tengah acara tersebut. Acara itu digelar sebelum Partai AK merayakan hari jadi bulan Agustus mendatang.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Russia Today memberitakan Putin menyampaikan proposal dalam pertemuan bersama Erdogan di Teheran pada pekan lalu. Di kota itu, Putin bertemu dengan Erdogan dan Presiden Iran Ebrahim Raisi untuk mendiskusikan proses perdamaian di Suriah dan beberapa hal lain.

Kementerian Pertahanan Ukraina memiliki total 50 drone tersebut sejak Februari. Drone itu dipesan ssebelum terjadi Perang Rusia-Ukraina. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.