Berita Nasional Terpercaya

Emoh Daftar, Dota Hingga Yahoo Diblokir Kominfo

1

JAKARTA, BERNAS.ID – Sejumlah platform dilaporkan telah diblokir Kementerian Kominfo. Ini karena Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tersebut tidak mendaftar hingga Jumat (29/7/2022) kemarin malam.

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Samuel A. Pangerapan mengatakan terdapat 8 PSE yang diblokir. Ini terdiri dari beberapa game termasuk Dota dan juga mesin pencarian Yahoo.

“Ada 8 yang terblokir,” ungkap Samuel, Sabtu (30/7/2022).

Baca juga: Kominfo Ancam Blokir WhatsApp Hingga Google 5 Hari Lagi

Ia juga memberikan daftar 8 PSE yang diblokir tersebut. Berikut daftarnya:

1. Yahoo search engine
2. Steam
3. Dota2
4. Counter-Strike
5. EpicGames
6. Origin.com
7. Xandr.com
8. Paypal

Baca juga: 5 Cara Cepat Untuk Mengetahui Anda Sudah Diblokir Gebetan Dari WhatsApp

Pantauan Bernas.id pada Sabtu (30/7/2022) pagi, saat mengakses Yahoo.com terdapat pemberitahuan situs telah diblokir. Dituliskan akses diblokir karena mengandung konten negatif yang melanggar peraturan perundangan.

Terdapat dua aturan yang dituliskan dalam laman tersebut, yakni UU Nomor 19 Tahun 2016 Pasal 40 (2a) dan (2b) tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Peraturan Menteri Kominfo No 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

“Maaf, akses ke situs ini diblokir oleh pemerintah Indonesia karena mengandung konten negatif yang melanggar peraturan perundangan di Indonesia,” tulis pemberitahuan tersebut.

Hingga hari ini, sudah ada 288 PSE Asing dan 8.721 PSE Domestik yang terdaftar. Data tersebut per tanggal 30 Juli 2022 pukul 07:59 dan terdapat di laman pse.kominfo.go.id. (den)

1 Comment
  1. […] Baca juga: Emoh Daftar, Dota Hingga Yahoo Diblokir Kominfo […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.