Berita Nasional Terpercaya

Kemenkes Target Vaksin Dosis Keempat Lansia Terlaksana Tahun Ini

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua kepada kelompok warga lanjut usia tahun ini. Vaksin booster keempat juga akan menyasar pemilik penyakit penyerta alias komorbid.

Namun, saat ini, Kemenkes masih menunggu kajian dan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) serta melihat capaian vaksinasi booster pertama terlebih dahulu.

Baca Juga Buya Syafii Ingin Hidupkan Kembali Muhammadiyah Di Kampung Halamannya, Sumatra Barat

Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril juga mengatakan masyarakat umum tak menutup kemungkinan juga akan menjadi target sasaran booster kedua. “Untuk lansia dan yang lain menyusul, waktunya belum ada kepastian. Tapi mudah-mudahan di tahun ini,” kata Syahril.

“Untuk masyarakat menyusul seiring dengan peningkatan cakupan vaksin booster yang pertama,” imbuhnya.

Lanjut tambahnya, sekarang ini, Pemerintah masih menjalankan kebijakan booster kedua khusus tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia sejak Jumat (29/7) di seluruh fasilitas kesehatan Indonesia.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Syahril menyebut program vaksinasi booster kedua nakes sudah memperoleh izin dari ITAGI sehingga dijamin dipastikan keamanannya dan kebermanfaatannya. Pertimbangan Pemerintah memberikan vaksinasi dosis keempat pada nakes, lantaran nakes sudah mulai mendapat vaksinasi dosis ketiga sejak akhir Juli 2021.

Dari hasil penelitian juga menyebutkan imunitas yang didapatkan dari seseorang bisa menurun 6-8 bulan pasca pemberian vaksin Covid-19. Pemberian booster kedua diharapkan mampu menjadi mitigasi bagi para nakes dalam menangani pasien Covid-19 apabila ada lonjakan kasus. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.