Berita Nasional Terpercaya

Setelah Dua Tahun Terhenti, Bersih Dusun Kaliurang Digelar Kembali

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Puncak acara bersih dusun Kaliurang Barat digelar di Lapangan Tenis Kaliurang Barat dengan melibatkan 865 peserta, Sabtu (30/7). Kegiatan tiga tahunan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 28-30 Juli 2022 mengangkat tema “Kaliurang Barat Bangkit” sebagai penumbuh semangat masyarakat Kaliurang Barat untuk bangkit pasca pandemi Covid-19.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo secara langsung berkesempatan hadir dalam agenda puncak peringatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut masing-masing RT mempersembahkan tarian dengan berbagai konsep yang mengusung kearifan lokal.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Kustini mengatakan kegiatan bersih dusun tak sekadar menumbuhkan semangat kekeluargaan masyarakat, tapi juga menjadi ajang uri-uri budaya atau melestarikan kebudayaan.

“Melalui semangat kebersamaan ini, semoga bisa membangkitkan kembali usaha kita untuk memperbaiki perekonomian. Terlebih lagi dengan adanya pertunjukan seni, menjadi salah satu langkah baik untuk mempertahankan warisan budaya leluhur kita,” tutur Kustini.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Lurah Hargobinangun, Amin Sarjito, mengatakan pelaksanaan kegiatan bersih dusun 2022 menjadi momen yanh spesial. Sebab, semenjak virus Covid-19 mewabah, kegiatan tersebut harus tertunda.

Ia pun berharap pelaksanaan kegiatan bersih dusun tahun ini dapat menumbuhkan kembali semangat masyarakat sekaligus membangkitkan perekonomian, terutama di kawasan Kaliurang Barat.

“Dengan adanya semangat warga yang tinggi seperti ini, semoga bisa mendongkrak lagi perekonomian dan mempererat gotong royong antarwarga. Karena sebagian besar yang turut mensukseskan acara ini berasal dari swadaya masyarakat sehingga ini juga menjadi kebanggan tersendiri bagi kami,” ujar Amin.

Kegiatan bersih dusun Kaliurang Barat juga diisi dengan pagelaran wayang dan doa bersama selain menyelenggarakan atraksi seni dan budaya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.