Berita Nasional Terpercaya

Taiwan Siagakan Bunker Antisipasi China

0

TAIWAN, BERNAS.ID – Taiwan menyiagakan sejumlah bunker sebagai tempat perlindungan warga untuk antisipasi serangan udara. Saat ini, Taiwan dan China berada di tengah tensi situasi yang memanas.

Dilaporkan Reuters, Pemerintah Taiwan mulai menentukan lokasi-lokasi untuk dapat dijadikan bungker atau tempat perlindungan. Lokasi yang disasar, yaitu ruang parkir bawah tanah, sistem kereta bawah tanah, dan ruang bawah tanah pusat perbelanjaan.

Saat ini, Taiwan telah memiliki lebih dari 4.600 bungker. Ribuan bunker tersebut akan mampu mengakomodasi sekitar 12 juta orang, empat kali dari populasi Taipei.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Abercrombie Yang, Direktur dari Kantor Administrasi Bangunan di Taiwan mengatakan tidak ada jaminan warga sipil tidak menjadi jaminan sehingga diperlukan bunker. “Lihatlah perang di Ukraina, tidak ada jaminan masyarakat awam tak akan menjadi sasaran. Seluruh warga harus memiliki kesadaran krisis. Kita memerlukan bungker untuk menghadapi serangan komunis China,” tuturnya.

Saat ini, Taiwan semakin ketat menyiapkan antisipasi saat perang Rusia-Ukraina berlangsung. Taiwan juga terus memperbarui data lokasi bungker di negara di aplikasi ponsel. Bahkan, menginformasikan keberadaan bungker melalui media sosial dan poster.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Harmony Wu (18), warga Taiwan mengaku kaget saat mengetahui ruang bawah tanah pusat perbelanjaan akan menjadi bungker jika perang meletus. Biasanya, tempat tersebut menjadi tempatnya belajar menari. Namun, ia mengerti mengapa fasilitas tersebut dipilih.

“Memiliki bungker sangat penting. Kami tidak tahu kapan perang dimulai dan bungker membuat kami aman,” ujar Wu.

Nantinya, pintu masuk bungker akan ditandai dengan stiker kuning yang berukuran sebesar kertas A4. Stiker itu juga memuat informasi jumlah maksimal orang yang dapat berlindung di bungker itu.

Saat ini, pihak berwenang diwajibkan menjaga bungker untuk tetap bersih dan terbuka. Bunker itu juga tak dilengkapi suplai makanan dan air. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.