Berita Nasional Terpercaya

Belasan ATM BPD DIY Dibobol Pencuri

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

SLEMAN, BERNAS.ID – Aksi komplotan pembobol 17 ATM milik BPD DIY berhasil diungkap pihak kepolisian dalam waktu tak kurang lebih dari dua hari. Empat pelaku berhasil diamankan pada hari Senin 1 Agustus 2022 sejak peristiwa pembobolan hari Minggu tanggal 31 Juli 2022.

Pihak BPD DIY harus menelan kerugian sejumlah Rp43 juta. Dari sejumlah ATM yang dibobol, komplotan bisa mengantongi uang sekitar 3 juta Rupiah.

Untuk para tersangka berinisial DH (32) laki-laki, warga Kota Bogor, DF (33) laki-laki, warga Bandung, T (36), warga Cibinong Bogor, dan W (31) laki-laki, warga Tanggamus, Lampung.

Baca Juga Polisi Terapkan UU Darurat Untuk Tersangka Keributan Suporter

Wadirreskrimum Polda DIY, AKBP K Tri Panungko mengatakan, dalam rentang waktu 6 jam bisa melakukan aksi pembobolan di 15 ATM. Lama pembobolan tergantung cara kerja mesin ATM masing-masing dengan rata-rata 1 mesin ATM sekitar 10 menit.

“Pelaku ini melakukan aksinya, normal menggunakan mesin ATM dengan kartu ada saldonya,” tuturnya saat konferensi pers di Polda DIY, Kamis (4/8).

“Setelah dipencet untuk transaksi, mesin ATM bereaksi untuk menghitung uang. Setelah boks terbuka uang akan keluar, pelaku dengan cekatan, memasukkan alat obeng untuk mengganjal. Menggunakan tongsis yang dimodifikasi untuk mengambil uang di boks ATM yang belum keluar. Setelah itu, dikeluarkan,” imbuhnya.

Setelah uang dikeluarkan, AKBP Tri menyebut transaksi akan tertulis gagal di layar monitor ATM. “Saldo daripada ATM pelaku tetap tidak berkurang. Ini cara modus baru. Mereka sudah memonitor mesin ATM merek per merek,” tuturnya.

“Otak pelaku dan eksekutor inisial T dan niat kejahatan tersebut direncanakan saat di rumah W di Bogor,” imbuhnya.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Dirut Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengapresiasi jajaran Direskrimum Polda DIY karena tidak sampai dalam waktu 2 hari, pelaku pembobolan ATM, dapat ditangkap.

“Kami sudah mengetahui ada beberapa ATM kami yang mendapat tindakan kejahatan oleh pihak lain. Kami melakukan identifikasi dan melaporkan ke kepolisian,” tuturnya.

“Kami akan terus senantiasa meningkatkan sistem keamanan kami, keamanan secara sistem dan fisik. Masyarakat tidak perlu ada keraguan lagi terkait keamanan ATM kami,” imbuhnya.

Menurutnya, kejadian pembobolan ATM kali ini memiliki modus baru sehingga perlu diwaspadai oleh perbankan. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.