Berita Nasional Terpercaya

HPN Kota Yogyakarta Mengantarkan Pengusaha Mikro Naik Kelas

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

BANTUL, BERNAS.ID – Pengurus Cabang (PC) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Yogyakarta hari ini Jumat (5/8/2022) resmi dilantik di Genesis Coworking Space, Banguntapan, Bantul.

Ketua PC HPN Kota Yogyakarta, Yana Karyana mengatakan, pihaknya akan segera memperkuat kepengurusan internal mereka dan juga akan konsen pada kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Berdasarkan data BPS, di Daerah Istimewa Yogyakarta ini jumlah UMKM tercatat 521.011 yang didominasi nonpertanian sebesar 98,7 persen,” tutur Yana disela-sela pelantikan Pengurus Cabang HPN Kota Yogyakarta.

Yana menambahkan, dari jumlah tersebut Sleman memiliki 140.395 UMKM, Bantul 138.332 UMKM, Gunungkidul 111.655 UMKM, Kota Yogyakarta 66.575 UMKM, dan Kulonprogo 64.054 UMKM.

Baca Juga : Pengurus Baru HIPMI Kota Yogyakarta Komitmen Lahirkan Banyak Pengusaha Muda

“Tapi dari jumlah itu hanya sebagian kecil saja yang memanfaatkan teknologi, baik dalam usaha marketing maupun produksi,” terangnya.

Menurutnya, hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi HPN untuk mengantarkan para pengusaha mikro tersebut untuk naik kelas menjadi pengusaha menengah dan seterusnya.

“Karena dalam proses pembentukannya, HPN memiliki fungsi sebagai wadah berhimpun bagi setiap pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Besar. Juga sebagai wahana meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha, serta memperkokoh dan memperluas jaringan usaha anggotanya,” jelas Yana.

Dengan mengusung tema Merajut Ukhuwah menuju Ekonomi Berkeadilan, Yana berharap HPN Kota Yogyakarta akan menjadi sarana representasi pengusaha Nahdliyin, artikulasi, dan agregasi kepentingan kewirausahaan, advokasi terhadap anggotanya dan pelaku usaha umumnya.

“Juga sebagai inkubasi bagi lahirnya pengusaha baru, serta menjadi tempat pembinaan khusus bagi pengusaha Nahdliyin untuk bergerak maju,” ungkapnya.

Baca Juga : Pengusaha Gugat PTUN 2 KPP karena Gagal Bayar Kewajiban Pajak

Sementara diakui Ketua PW HPN DIY Wawan Harmawan kepengurusan HPN Kota Yogyakarta baru kali ini dibentuk dan dilantik, setelah sebelumnya pada tahun 2021 kepengurusan wilayah HPN DIY terbentuk.

“HPN diinisiasi dan lahir dari Muktamar tahun 2011. Dan untuk HPN DIY sendiri baru terbentuk di tahun 2021, dan sekarang kami juga sudah membentuk kepengurusan di seluruh Kabupaten/Kota se-DIY,” jelasnya.

Wawan berharap dengan dilantiknya PC HPN Kota Yogyakarta ini dapat menjadikan para pengusaha Nahdliyin di Kota Yogyakarta sebagai anggotanya.

“Karena yang memiliki anggota adalah pengurus cabang, seperti HPN Kota Yogyakarta ini,” tukasnya. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.