Berita Nasional Terpercaya

Korut Klaim Bebas Covid-19 Diragukan Korsel

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

KOREA UTARA, BERNAS.ID – Korea Utara (Korut) mengklaim gelombang pertama pandemi Covid-19 telah berakhir setelah semua pasien demam sembuh sejak, Jumat (5/8). Namun, klaim itu diragukan Korea Selatan (Korsel).

Diketahui, Korut mengumumkan 4,77 juta warganya yang menderita demam dan saat ini, semua pasien telah pulih. Korut hanya melaporkan ada 74 pasien meninggal dunia dari 4 juta pasien yang demam.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Profesor dari sekolah kedokteran Universitas Hanyang di Seoul, Shin Young-jeon mengatakan, jumlah kematian yang dinyatakan Korut dinilai jauh dibandingkan kenyataan meski telah mengklaim puncak gelombang Covid-19 pertama telah berlalu.

Ia memperkirakan 50.000 kematian karena Covid-19 di Korut sehingga penanganan Covid-19 di Korut tidak berhasil baik. “Keberhasilan mereka, jika ada, terletak pada kenyataan bahwa wabah itu tidak mengarah pada kekacauan politik atau sosial,” tuturnya.

Reuters menyebut laporan dari media corong Pemerintah Korut menyampaikan situasi anti-epidemi telah memasuki fase stabilitas yang pasti. “Korea Utara akan menggandakan upaya mempertahankan kesempurnaan dalam pelaksanaan kebijakan anti-epidemi negara,” tulis laporan tersebut.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Pemerintahan Korut pun tetap mengingatkan warganya tentang tantangan dan risiko penularan Covid-19 yang masih ada. Sejak 30 Juli lalu, Korut melaporkan tidak ada kasus demam baru lagi.

Menteri Unifikasi Korea Selatan yang bertanggung jawab untuk urusan hubungan antar-Korea, Kwon Young Se mengatakan ada masalah kredibilitas dari data Korea Utara. Namun, ia tak menampik situasi Covid-19 di Korut agak terkendali.

Pada Juli lalu, Partai Buruh Korut menyelenggarakan acara besar-besaran dan seluruh hadirin tak mengenakan masker pada Juli lalu. Korut juga memulai lagi liga sepak bola nasional dan beberapa kompetisi olah raga lainnya bulan ini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.