Berita Nasional Terpercaya

Biden Khawatir dengan Perpanjangan Latihan Militer China

0

AMERIKA SERIKAT, BERNAS.ID – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden merasa khawatir dengan keputusan China memperpanjang latihan militer di sekitar Taiwan pada Senin (8/8). Biden cemas dengan aksi China yang akan bergerak melebihi batas.

Diketahui, China mengumumkan kembali melaksanakan latihan militer di dekat Taiwan, khususnya operasi anti-kapal selam dan serangan laut, Senin (8/8). Padahal, Beijing sempat mengumumkan latihan militer sejak Kamis (4/8) akan berakhir Minggu (7/8).

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Diberitakan Reuters, Biden justru tidak khawatir dengan Taiwan. “Saya berpikir mereka (China-red) tak akan melakukan sesuatu lebih dari saat ini,” kata Biden kepada wartawan di Delaware.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre turut mengecam latihan militer China tersebut. “Kami telah mengecam mereka sejak mereka memulai eskalasi. Mereka provokatif, tak bertanggung jawab, pun meningkatkan risiko salah perhitungan,” tuturnya.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Kementerian Luar Negeri Taiwan meminta Beijing untuk menghentikan aksi militer karena pergerakan China akan menimbulkan krisis. “Taiwan tidak akan takut atau menyerah, dan bakal lebih keras membela kedaulatan, keamanan nasional,” tulis pernyataan dari badan itu. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.