Berita Nasional Terpercaya

Memperingati Hari Pramuka 2022, Peserta Kampung Pengembangan Global Berkelanjutan Akan Dapat Lencana

0

JAKARTA, BERNAS.ID  Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 akan berlangsung sepekan mulai tanggal 14 hingga 21 Agustus, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur. Dalam acara memperingati Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 itu, Kwarnas Gerakan Pramuka siap mengadakan program Kampung Pengembangan Global Berkelanjutan.

Program Pengembangan Global Berkelanjutan merupakan upaya memperkenalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (MDGs) kepada para peserta Jamnas XI tahun 2022.

Hal tersebut sebagai upaya Gerakan Pramuka untuk turut aktif dalam mencapai tujuan MDGs yang ditargetkan tercapai pada tahun 2030.

Baca Juga: Pramuka Perlu Dibranding Ulang Agar Diminati Generasi Cyber

Peserta kegiatan Pengembangan Global Berkelanjutan Jamnas XI tahun 2022 akan terbagi dalam empat kelompok besar.

Empat kelompok besar itu adalah kelompok Kegiatan Umum, kelompok Aman Bencana, kelompok Ramah Lingkungan, dan kelompok Humanis.

Peserta Pengembangan Global Berkelanjutan Jamnas XI tahun 2022 akan mendapatkan lencana atau tanda pangkat Challenge Badges dari Youth and United Nations Global Alliance (YUNGA).

Bagi peserta yang berhasil memenuhi kompetensi juga akan memperoleh sertifikat dari Koordinator YUNGA FAO (The Food and Agriculture Organization of the United Nations).

Bahkan, peserta Jamnas XI juga berkesempatan meraih Better World Framework badges yang digagas oleh WOSM (World Organization of Scout Movement).
Andalan Nasional Komisi Pengabdian Masyarakat, Kak Saul Saleky mencontohkan peserta kelompok Ramah Lingkungan bisa memperoleh Earth Tribe badges.

“Earth Tribe badges itu meliputi Champions for Nature, Scouts Go Solar, dan Tide Turners Plastic,” katanya dikutip dari laman pramuka.or.id, Kamis (11/8/2022).

Kak Saul mengatakan, bahwa peserta Jamnas XI juga akan diberikan kesempatan untuk mencapai Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Lingkungan Hidup.

Dia menjelaskan, jika peserta didik belum pernah menempuh SKK tersebut, maka bisa mulai dari SKK Lingkungan Hidup untuk Pramuka Siaga.

“Namun jika sudah mendapatkan SKK Tingkat Siaga, bisa diuji untuk tingkat Penggalang,” katanya.

Kak Saul menambahkan, bahwa mungkin pula peserta bisa mendapatkan Scouts for SDGs badge dari Panitia Jamnas XI.

Namun, syaratnya adalah mengikuti kegiatan yang berkorelasi dengan minimal 10 goals atau tujuan MDGs.

Sementara dalam acara Jamnas XI tahun 2022 ini juga akan disiapkan satu rumah atau ruang yang disebut ‘Coaching Clinic’.

Coaching Clinic diperuntukkan bagi peserta didik maupun pembina pendamping yang ingin belajar lebih jauh mengenai Pramuka Peduli, pengabdian masyarakat, Ticket to Life, dan sebagainya.

Kak Saul mengatakan, bahwa Pramuka khususnya peserta Jamnas XI harus lebih paham, berkontribusi, dan bersemangat dalam mencapai tujuan MDGs.

Baca Juga: Pramuka Diminta Mampu Berkontribusi Di Bidang Pertanian

Namun demikian, dia mengingatkan semua hal tersebut harus dilakukan sesuai prinsip dasar dan metode kepramukaan. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.