Berita Nasional Terpercaya

Ratusan Atlet Sleman Jalani Pemeriksaan Kesehatan Jelang Porda

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kabupaten Sleman melaksanakan pemeriksaan kesehatan ratusan atletnya menjelang Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) DIY di Gedung Serbaguna Sleman, Kamis (11/8). Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan kesehatan dan mental para atlet-atlet agar maksimal saat bertanding.

Pemeriksaan kesehatan para atlet bekerjasama dengan National Paralympic Committee (NPC), Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Sleman. Atlet di Sleman, untuk Porda, ada sebanyak 938 orang dengan 45 cabor dan Peparda, sebanyak 130 dengan 8 cabor.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Ketua Komite Olahraga Nasiional Indonesia (KONI), dr Joko Hastaryo mengatakan atlet-atlet Kabupaten Sleman telah menjalani pemusatan latihan kabupaten sejak Juni 2021. Menurutnya, selama menjalani latihan, memunculkan berbagai dinamika sehingga para official membutuhkan perkembangan atlet-atletnya.

“Kita inginnya mendekati Porda ini, status kesehatan dari atlet-atlet siap. Ini masih dua minggu lagi sebelum hari pelaksanaan,” tuturnya, Kamis (11/8).

Lanjut tambahnya, nanti kalau ada yang sakit dan mengalami gangguan kesehatan, bisa diperiksakan lebih lanjut. “Kalau ada yang memiliki atau merasa beban mentalnya terlalu berat bisa berkonsultasi dengan psikolog-psikolog,” katanya.

“Kalau ada masalah dengan gizi, juga demikian sehingga selama persiapan, para atlet-atlet asupan gizinya bisa cukup,” imbuhnya.

Joko menyebut pemeriksaan kesehatan para atlet menyasar tinggi badan, berat badan, nadi, pernapasan, gula darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat, skrining kesehatan mental, dan bila diperlukan konsultasi psikologi.

“Untuk kesiapan para atlet sudah 90 persen siap. Untuk 53 titik venue, tinggal final misal basket masih diselesaikan dalam hari-hari ini dan cabor futsal diadakan di GOR UNY,” ujarnya.

Baca Juga Suporter Solo Rusuh Di Jogja, Begini Kata Sultan

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan pemeriksaan kesehatan untuk menguatkan fisik dan mental atlet-atlet Sleman jelang Porda dan Peparda.

“Kita mengharap dengan adanya skrining kesehatan, kesiapan fisik dan mental mulai terjaga dari sekarang apalagi cuaca sekarang yang tidak menentu,” tuturnya.

Kustini menyampaikan semua atlet-atlet di Sleman sudah siap secara fisik. “Harapannya, Sleman menang lagi dan masyarakat Sleman bisa memberikan dukungan termasuk setiap OPD yang memberikan semangat kepada atlet-atletnya,” tukasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.