Berita Nasional Terpercaya

Sleman Usulkan 16.195 KK Miskin ke Pusat untuk STB Gratis

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemerintah Kabupaten Sleman mulai mengusulkan 16.195 KK miskin ke Pemerintah Pusat untuk mendapatkan perangkat Set Top Box (STB). Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengubah siaran analog ke siaran digital.

Bulan November nanti, Pemerintah Pusat akan mulai mematikan siaran analog di seluruh Indonesia. Rencananya, ada 6 juta STB yang akan dibagikan ke seluruh Indonesia.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Eko Suryo Prihantoro, Kepala Dinas Kominfo Sleman mengatakan sampai saat ini belum tahu jumlah berapa unit STB untuk Kabupaten Sleman. “Dapatnya belum tahu, kita diminta mengumpulkan data,” tuturnya seusai berkoordinasi dengan lurah dan perangkat desa di Kompleks Kabupaten Sleman, Jumat (12/8).

Ia juga merasa belum yakin siaran analog bulan November akan dimatikan di Indonesia. “Saya juga belum yakin November akan dimatikan karena belum punya STB. Pasti banyak gejolak,” katanya.

Namun, Eka berharap dengan distribusi STB gratis ke KK miskin jika layanan digital sudah dimatikan, masyarakat miskin bisa beralih ke layanan digital.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman, Susmiarto mengatakan jumlah data Kartu Keluarga miskin yang cocok dengan Dinas Sosial Sleman sebanyak 16.195 KK miskin. Sedangkan, jumlah KK miskin yang mempunyai televisi sekitar 12 ribu KK miskin. “Yang sudah punya melaporkan TV sekitar 12 ribu KK miskin. Itu juga belum diketahui digital atau tidak,” ujarnya.

Ia mengatakan saat ini sedang memenuhi permintaan ke Pusat untuk calon penerima STB sejumlah 16.195 KK miskin. Selain itu, melakukan sosialisasi kalau ada program pemberian STB untuk keluarga miskin kepada lurah dan perangkat desa.”Data yang 16 ribu itu sudah by sistem, by name, dan by addres,” ujarnya.

Jika di lapangan ditemukan sudah mempunyai STB, ia mengatakan belum ada petunjuk teknisnya. Namun, ia menyebut jika ada KK miskin yang sudah punya STB, akan dialihkan ke KK miskin yang belum punya STB. “Untuk prioritas nanti koordinasi dengan lurah-lurah,” tukasnya. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.