Berita Nasional Terpercaya

RS Jogja Dituntut Tingkatkan Kualitas Layanan Menjadi RS Terbaik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Rumah sakit milik Pemerintah Kota Yogyakarta, RS Jogja, diminta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan secara menyeluruh. Dengan demikian RS tersebut mampu bertransformasi menjadi rumah sakit dengan pelayanan terbaik di Kota Yogyakarta.

“Peningkatan kualitas pelayanan rumah sakit menjadi salah satu hal yang harus bisa direalisasikan, tidak hanya terbatas pada pelayanan kesehatan saja tetapi juga dari sisi manajemen, penambahan instalasi kesehatan dan faktor lain,” kata Ketua Dewan Pengawas RS Jogja Yunianto Dwi Sutono, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: 38 Tenaga Kesehatan RS Jogja Positif Covid-19, Pelayanan Tetap Buka

Menurut dia, rumah sakit yang dikelola pemerintah daerah terkadang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat sehingga masyarakat lebih tertarik untuk mengakses layanan kesehatan di rumah sakit swasta yang dianggap memiliki lebih banyak fasilitas dan pelayanan lebih baik.

Baca juga: Tambahan Belanja Rp6 Miliar Diajukan Untuk RS Jogja

“Kami ingin rumah sakit pemerintah juga memiliki kualitas pelayanan yang baik. Bahkan jika memungkinkan RS Jogja bisa menjadi rumah sakit terbaik di Kota Yogyakarta atau bahkan terbaik se-DIY,” katanya.

Salah satu anggota Dewan Pengawas RS Jogja, Arrus Ferry mengatakan, RS Jogja sudah memiliki rencana strategis pengembangan rumah sakit untuk peningkatan kualitas pelayanan.

“Kami akan kawal agar rencana strategis yang sudah disusun itu bisa direalisasikan. Tentunya, kami juga perlu melakukan pemetaan terhadap kondisi rumah sakit secara keseluruhan. Bagaimana kompetensinya dan fasilitas apa saja yang sudah ada,” kata Arrus.

Saat ini, RS Jogja berstatus sebagai rumah sakit kelas B dan sudah menjadi rujukan untuk penanganan berbagai penyakit kritis di antaranya, ginjal, kardiovaskuler, kanker, dan stroke.

“Kami sudah memiliki ‘masterplan’ untuk pengembangan rumah sakit yang diharapkan bisa direalisasikan sesuai rencana,” kata Direktur RS Jogja Ariyudi Yunita.

Sebagai rumah sakit rujukan ginjal, RS Jogja memberikan pelayanan pemasangan CAPD untuk pasien gagal ginjal. CAPD adalah prosedur dialisis atau cuci darah untuk terapi pada pasien gagal ginjal.

“Di DIY, hanya ada tiga rumah sakit yang sudah bisa menjalankan prosedur ini yaitu RS Jogja, RS Sardjito dan salah satu rumah sakit di Kabupaten Sleman,” katanya.

Sedangkan sebagai rujukan kardiovaskuler, RS Jogja pada tahun ini sudah bisa melayani pemasangan ring jantung. “Pada tahun lalu, layanan ini hanya untuk ‘emergency’ saja, tetapi pada tahun ini bisa dilakukan sewaktu-waktu,” katanya.

Dengan berbagai layanan rujukan tersebut, Ariyudi berharap kualitas pelayanan di RS Jogja bisa terus ditingkatkan sehingga masyarakat bisa mengakses lebih banyak layanan kesehatan di rumah sakit pemerintah tersebut.

Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi menyebut pada masa saat ini rumah sakit dituntut untuk smart, ramah, aman, bermutu, dan memiliki sarana prasarana yang mendukung untuk pelayanan kesehatan yang baik.

“Dibutuhkan komitmen semua pihak dari pimpinan rumah sakit hingga tenaga medis. Apalagi persaingan rumah sakit semakin ketat dan tuntutan konsumen yang semakin tinggi,” ujarnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.