Berita Nasional Terpercaya

Ide Besar Ganjar Pranowo di Balik Konser Rapsodia Nusantara di Sam Poo Kong

0

SEMARANG, BERNAS.ID – Konser orkestra bertajuk Rapsodia Nusantara bakal digelar di Klenteng Agung Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, malam ini, Sabtu (13/8/2022). Konser nanti tak lepas dari ide besar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Komposer Dwiki Dharmawan menjelaskan, dirinya hanya mencoba menerjemahkan keinginan Ganjar Pranowo lewat sebuah kolaborasi yang belum pernah ada sebelumnya.

“Ini adalah ide dari Pak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah,” kata Dwiki, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Ribuan Pengunjung Hadiri Malam Festival Cheng Ho 2019 Di Klenteng Sam Poo Kong

“Beliau ingin memberikan tidak hanya hiburan, tapi pencerahan dan edukasi budaya bagi masyarakat dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke-77 dan HUT Jawa Tengah ke-72. Adanya satu musik kolaborasi,” lanjutnya.

Dwiki mengatakan, perkawinan musik kolintang dan gamelan serta dicampur unsur orkestra adalah yang pertama di Tanah Air.

“Bisa disebut ini yang pertama karena belum pernah ada sebelumnya. Saya pikir di dunia pun belum pernah ada. Karena kolintang dan gamelan itu berbeda sekali karakternya,” ucap Dwiki.

Baca juga: Persiapan Festival Cheng Ho 2019 Di Klenteng Tay Kak Sie, Dipastikan Rampung Malam Ini

Dwiki mengatakan, konser ini juga merupakan sarana eksperimennya menggabungkan gamelan dan kolintang yang sebenarnya beda karakter.

“Lagu-lagu yang terjalin dan dikenal oleh masyarakat dan bisa dibawakan di sini. Ini belum pernah digabungkan semua. Gamelan itu beda sama kolintang. Karena satu diatonis dan satu pentatonis. Tapi sekarang ini kita coba gabungkan,” tutur Dwiki.

Rapsodia Nusantara bakal menghadirkan berbagai bintang tamu lintas genre musik.

Mereka adalah Andy /rif, Dira Sugandi, Gabriel Harvianto, Filda C Wibowo, dan Nano Tirto yang semuanya berasal dari Jakarta.

Selain itu, grup musik NDX AKA dan penyanyi Sruti Respati bakal hadir sebagai perwakilan dari Jawa Tengah dalam konser tersebut.

Para penyanyi di atas bakal diiringi oleh Kolintang Gratia, Gamelan Soepra, dan World Peace Orchestra.

Kelompok pengiring terdiri dari 50 anggota orkestra, 30 penabuh Gamelan Soepra, dan 11 orang pemain Kolintang Gratia.

Mereka akan mengiringi penyanyi membawakan karya musik terbaru, lagu-lagu populer, lagu nasional, dan lagu nusantara dalam balutan musik orkestra.

Tiket konser tersebut bisa diperoleh secara gratis lewat aplikasi Loket.com

Nantinya, konser akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, sementara open gate akan diberlakukan sejak pukul 17.00 WIB, Sabtu (13/8/2022), di Klenteng Agung Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.