Berita Nasional Terpercaya

AS Prediksi China Tak Akan Berhenti Intimidasi Taiwan

1

AMERIKA SERIKAT, BERNAS.ID – Amerika Serikat memprediksi China akan terus mengintimidasi Taiwan melalui berbagai cara. Di antaranya dengan cara ekonomi, politik, dan militer selama beberapa bulan ke depan.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

AFP melaporkan Washington pada hari Kamis (18/8) mengumumkan rencana akan menggelar dialog perdagangan formal dengan Taiwan pada musim gugur. Dialog tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap Taiwan.

“Kebijakan kami tak berubah, apa yang berubah adalah tindakan intimidasi dan pemaksaan Beijing yang semakin meningkat,” jelas utusan utama AS untuk Asia Timur, Daniel Kritenbrink, ke media, Kamis (18/8).

Dialog kerjasama digelar saat Taiwan terus ditekan China akibat menerima lawatan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, dan anggota Kongres bulan ini. “Tindakan itu bagian dari kampanye tekanan yang intensif untuk mengintimidasi dan memaksakan Taiwan dan merusak pertahannya,” ujar Kritenbrink.

“Pernyataan dan tindakan China sangat tidak stabil. Mereka berisiko salah perhitungan dan mengancam perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan,” imbuh Kritenbrink.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Diketahui, China memang kerap marah kepada negara lain yang ikut campur urusan internal mereka, termasuk intervensi soal Taiwan. Pemerintahan Presiden Xi Jinping ini juga murka setiap ada pejabat negara lain yang berkunjung ke Taiwan.

Sebab, Beijing menilai Taiwan sebagai wilayah kedaulatan China yang selama ini ngotot ingin memerdekakan diri. Untuk itu, China tak segan memutus hubungan diplomatik yang mengakui kedaulatan Taiwan dan memberlakukan sanksi simbolis terhadap ekonomi pulau itu. (jat)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : AS Prediksi China Tak Akan Berhenti Intimidasi Taiwan […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.