Berita Nasional Terpercaya

25 Tahun Shaggydog Dirayakan Dengan Pameran Arsip Konser di Ibukota

2

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Tahun 2022 ini Shaggydog memasuki usia peraknya, 25 tahun sejak terbentuknya pada  1 Juni 1997, di Sayidan, sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai di tengah kota Yogyakarta. Bertahan untuk mempertahankan formasi yang solid dan tetap produktif selama 25 tahun ini juga bukanlah hal yang mudah untuk dilalui bagi Shaggydog maupun masing-masing personil, tentu banyak kisah cerita dan pasang surut dalam perjalanannya.

Enam album studio, dan beberapa rilisan single telah mengisi daftar diskografi band yang digawangi Heru, Richad, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo ini. Bahkan Shaggydog juga aktif melakukan terobosan-terobosan segar bahkan unik diluar rilisan karya-karya musik mereka, sebut saja rilisan sepatu, sepeda, maskot, hingga buku.

Baca juga: Shaggydog Luncurkan Album Putra Nusantara Dalam Format CD

Lewat keterangan tertulis dari pihak manajemen, dijelaskan bahwa pada perayaan ulang tahun yang ke-25 kali ini, Shaggydog mengangkat tajuk “Ber25ulang” dengan rangkaian acara berupa pameran foto dan konser yang akan digelar di Jakarta. Bersulang adalah sebuah simbol ungkapan rasa bahagia dan perayaan kebersamaan saat menikmati minuman, bersulang merayakan kembali kebersamaan Shaggydog selama 25 tahun sebagai sebuah bentuk introspeksi suka duka dalam perjalanan yang tidak sebentar ini.

“Perayaan yang tidak hanya untuk Shaggydog saja, namun untuk semua kawan yang bersama-sama membawa Shaggydog dalam perjalanan seperempat abad ini,” tulis pihak manajemen.

Pameran Arsip 25 Tahun Shaggydog
Shaggydog merupakan salah satu band yang merawat dengan baik arsip dokumentasi foto perjalanan karir mereka, berawal dari kerjasama Shaggydog dengan Agensi 56 untuk mendigitalisasikan arsip negatif film Shaggydog yang dikumpulkan dari periode tahun 1998 hingga 2006, Shaggydog dan Agensi 56 akhirnya sepakat untuk mempersembahkan sebuah pameran foto arsip bertajuk “Rudy’s Story : Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog” yang sekaligus menjadi agenda rangkaian perayaan ulang tahun Shaggydog ke-25.

Dari digitalisali 47 roll arsip negatif film Shaggydog, menghasilkan sekitar 1674 foto dan telah dikurasi menjadi 319 frame foto yang akan dipamerkan, dengan 4 kategori kurasi, yaitu Friends, Gigs, Fans, dan Band. Selain itu, dalam pameran ini juga akan menghadirkan kembali sudut memorabilia Shaggydog, serta respon karya oleh Yudha Kusuma Putra yang berupa kolase foto. Pameran akan berlangsung pada 24 hingga 27 Agustus 2022 di Gudskul Ekosistem, Jakarta dan bisa dikunjungi pukul 13.00 sampai 19.00 WIB secara gratis.

Konser Perayaan 25 Tahun Shaggydog 
Shaggydog juga akan merayakan ulang tahunnya yang ke-25 ini melalui sebuah konser tunggal yang akan dihelat di Jakarta, bertempat di Bengkel Space, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 25 Agustus 2022 mulai pukul 19.00 WIB. Pada pertunjukannya nanti, Shaggydog akan menyoroti penampilan terbaik dari setiap tahunnya sepanjang karir bermusik.

Kemudian highlight performance tersebut akan dikemas menjadi cerita yang akan dibawakan di atas panggung, melihat lagi ke belakang dengan membawakan 25 lagu pilihan dari album pertama sampai album terbaru, melintasi waktu dari 1997 sampai 2022.

Baca juga: Miss Indonesia Dan Shaggydog Jadi Bintang Video Kampanye Dog Meat Free Indonesia

Tak sampai disitu, Shaggydog juga akan menyuguhkan format yang berbeda dari pertunjukan mereka biasanya, spesial untuk konser perayaan 25 tahun ini, Shaggydog akan tampil bersama 8 pemain orkestra alat tiup dan menggandeng beberapa kolaborator untuk menemani aksi panggung mereka nantinya.

Rekan musisi yang akan berkolaborasi, yaitu Dawny & Vicky dari Jun Fan Gung Foo, Danar dari Souljah, Boris dari Artificial Life, Wiro dari Sentimental Moods, Hadi dari Noin Bullet, Tresno dari Tipe-X, dan Iwa K. Sehingga sudah dipastikan konser perayaan 25 Tahun Shaggydog kali ini akan memberikan pengalaman baru bagi penonton, juga para penggemar Shaggydog dalam menyaksikan penampilan band asal Kota Gudeg ini. Untuk tiket konser perayaan 25 Tahun Shaggydog dibanderol dengan harga Rp 250.000, yang seluruhnya tersedia dalam bentuk NFT, dan bisa didapatkan melalui website SerMopheus.com dan aplikasi SerMorpheus, atau pesan melalui Whatsapp di 081228983331 dan 085743018350.

Shaggydog, Band Ska Pertama di Indonesia yang Menjual Tiket NFT
Sebagai salah satu band pelopor Ska di Indonesia, Shaggydog seakan tidak pernah berhenti memberikan gebrakan bagi kancah musik di Indonesia, khususnya dalam ranah musik Ska. Dalam konser perayaan ulang tahun mereka ke-25 esok, Shaggydog menjual seluruh tiket konsernya dalam bentuk NFT.

Pemanfaatan Non-Fungible Token (NFT) pada perayaan 25 tahun Shaggydog ini dinamakan “Shaggydog Be25ulang NFT” sebagai bentuk upaya Shaggydog dalam mengikuti perkembangan teknologi NFT yang merupakan teknologi terbaru dalam hal kepemilikan aset digital. Konsep yang bersandarkan pada teknologi blockchain ini membuka era baru untuk para artis dan musisi dalam pemanfaatannya, salah satunya yang berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual.

Dalam sejarah kancah musik ska di Indonesia, Shaggydog adalah band ska  pertama yang menjual tiket dalam bentuk NFT. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang diberikan oleh Shaggydog untuk memberikan pengalaman baru bagi penonton dan penggemarnya yang mungkin baru pertama kali membeli tiket dalam bentuk NFT.

Selain bisa nonton konser perayaan 25 tahun Shaggydog, para pemegang tiket NFT ini juga berkesempatan mendapatkan benefit lebih yang akan diberikan secara acak untuk 21 penonton, yaitu nonton gratis setiap konser Shaggydog seumur hidup untuk 1 orang, mendapatkan potongan harga 25% pada setiap pembelian merchandise Shaggydog di Doggyshop untuk 10 orang, dan meet & greet dengan Shaggydog untuk 10 orang. (den)

2 Comments
  1. […] Baca juga: 25 Tahun Shaggydog Dirayakan Dengan Pameran Arsip Konser Di Ibukota […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.