Berita Nasional Terpercaya

WIR Group dan IMG Hadirkan Industri Kendaraan Listrik Roda Dua di Metaverse

0

JAKARTA, BERNAS.ID – PT WIR, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) berkolaborasi dengan PT Ilectra Motor Group (IMG), perusahaan kendaraan listrik roda dua untuk memanfaatkan teknologi metaverse dalam upaya menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan pemasaran, dan memberikan customer experience yang semakin baik.

Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani oleh Chief Sales & Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus dan Presiden Direktur IMG, Purbaja Pantja di GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Berkembangnya teknologi digital metaverse telah menghadirkan standar baru di dalam berbagai sektor dan industri, termasuk sektor otomotif roda dua yang menghadapi ketatnya kompetisi di dalam negeri.

“Hari ini merupakan hari yang cukup penting, karena Alva semakin memperkuat misinya dalam memberikan lifestyle mobility solution yang menyeluruh. Selain mewujudkannya dalam bentuk aplikasi, kami juga mengintegrasikan teknologi yang kami miliki dengan Metaverse melalui kerjasama dengan WIR Group. Kami menilai Teknologi Augmented Reality yang dikembangkan oleh WIR Group akan mampu meningkatkan berbagai potensi yang kami miliki sekaligus menghadirkan layanan impresif dan immersif bagi pelanggan kami,” kata Presiden Direktur IMG, Purbaja Pantja.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Indonesia saat ini mencatatkan penetrasi kepemilikan kendaraan roda dua tertinggi di dunia sekitar 42 persen  berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 populasi dan merupakan pasar terbesar ketiga untuk kendaraan roda dua pada umumnya, dengan 6 juta sepeda motor terjual setiap tahun. “Sebagai pemain baru di industri ini tentu perlu menerapkan strategi dan upaya yang tepat untuk masuk dalam kompetisi di industri otomotof roda dua ini,” lanjut Purbaja.

Kehadiran metaverse diharapkan dapat mendukung upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja penjualan dan pemasaran serta membantu melakukan penetrasi pasar guna menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, terutama generasi milenial. “Kami melihat metaverse mampu membuka berbagai potensi dan menciptakan beragam peluang bagi bisnis di masa depan. Itu sebabnya, kami ingin ikut terlibat dalam perkembangan teknologi digital mutakhir ini,” jelas Purbaya.

Sebelumnya IMG meluncurkan produk perdananya ALVA ONE pada ajang GIIAS 2022. Dalam acara tersebut, IMG telah melakukan kerjasama dengan WIR Group untuk mengembangkan Immersive Video Mapping Experience yang memberikan pengalaman immersif berkendara ALVA ONE dengan menggunakan teknologi augmented reality.

ALVA ONE tidak hanya akan menjadi produk motor listrik baru, melainkan juga sebagai “Game Changer” yang menghadirkan solusi mobilitas dengan kemudahan aplikasi. ALVA ONE akan menjadi bagian dari perubahan gaya hidup masyarakat urban sekaligus memberikan kualitas lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Sementara Chief Sales & Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus menjelaskan, hadirnya industri otomotif di metaverse akan memungkinkan produsen kendaraan menampilkan produk mereka dengan lebih atraktif, melakukan berbagai inovasi dalam banyak hal, utamanya pemasaran dan layanan pelanggan.

Dengan teknologi yang dikembangkannya, WIR Group optimistis mampu membantu meningkatkan kompetensi, baik lembaga maupun sumber daya manusia, untuk mewujudkan standar yang ingin dicapai di semua lini industri. “WIR Group menyiapkan platform teknologi yang dibutuhkan sekaligus menavigasikan mereka untuk hadir secara virtual maupun dalam melakukan kegiatan transaksional melalui integrasi Online to Ofline (O2O) di metaverse,” ujar Gupta Sitorus.

Kehadiran IMG kian memperkaya ekosistem dalam metaverse yang dikembangkan WIR Group, menyusul sejumlah sektor, antara lain:  pendidikan, perbankan, kesehatan, pariwisata, properti, ritel, UKM, media dan F&B.

“Dengan pengakuan luas dan bukti kesuksesan kami dalam menerapkan teknologi AR, VR dan AI di berbagai negara, kami akan membantu IMG dalam menjawab kebutuhan dunia usaha di industri otomotif roda dua di masa depan yang kian kompetitif,” pungkas Gupta. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.