Berita Nasional Terpercaya

Bersiaplah, Festival Prawirotaman Kembali Digelar 27 Agustus 2022

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bakal menggelar Festival Prawirotaman pada tanggal 27 Agustus 2022. Tanggal ini dipilih sesuai dengan puncak kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan Juli, Agustus, September sekaligus memeriahkan peringatan HUT RI ke-77.

Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko menjelaskan, Festival Prawirotaman tahun ini merupakan yang ke-10, sejak pertama kali digelar pada tahun 2013. Festival kali ini diselenggarakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pada tahun ini, Festival Prawirotaman memilih tema ‘Manunggal Mendunia’. Tema tersebut dapat dimaknai dengan sinergi atau manunggal dari semua elemen yang ada di Prawirotaman supaya Prawirotaman dapat semakin mendunia, mempopulerkan kembali potensi wisata dan citra Kawasan Prawirotaman sebagai kampung turis internasional atau mancanegara,” kata dia.

Baca juga: Festival Prawirotaman 2021 Digelar Akhir Pekan Ini

Ia meneruskan, Festival Prawirotaman akan digelar mulai pukul 14.00-21.45 WIB di Jalan Prawirotaman I dan Jalan Prawirotaman II, dengan konsep pertunjukan seni dengan cita rasa internasional. Bakal ditampilkan dua panggung yaitu Nyawiji Stage dan Kaloka Stage. Nyawiji Stage mengusung konsep panggung dengan dekorasi unik dan properti yang artistik untuk menampilkan seni kolaborasi. “Kaloka Stage merupakan panggung dengan background LED untuk menampilkan musik,” jelas dia.

Pembukaan Pawai Festival Prawirotaman oleh Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta akan dilaksanakan di Cafe Just Playon mulai pukul 14.00-15.40 WIB. Kirab Budaya akan berlangsung pada pukul 15.45-16.45 WIB yang akan berangkat dari Cafe Just Playon menuju Hotel Gallery Prawirotaman. Kirab Budaya diikuti oleh 10 kelompok, yakni pasukan Kuda Tunggang, Tari Edan-edanan, Bregodo Wirotomo, Gedrug, Andong, Kapi Terwelu, Perempuan Berkebaya, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur, dan Asrama Mahasiswa Sumatera Barat.

Baca juga: Pasar Prawirotaman Jadi Pasar Digital Pertama Di DIY, Namun Banyak Pedagangnya Gaptek

Pembukaan Festival Musik akan dilakukan pukul 18.15-21.45 WIB. Festival Musik diawali Fashion Show On The Street menampilkan karya batik perancang Lia Mustafa, Tari Sintren, dan tiga penampilan grup musik, yakni Hellena, Margasatwa, dan Singgih Sanjaya Orchestra. Pada saat Kirab Budaya, akan ada penutupan total Jalan Prawirotaman I dan II mulai pukul 16.00-17.00 WIB. Sedangkan, pada malam hari akan ada penutupan total Jalan Prawirotaman I pada pukul 18.00-22.00 WIB untuk festival musik.

“Festival Prawirotaman diharapkan dapat menjadi event unggulan untuk menarik kunjungan wisatawan domestik dan manca negara untuk mengunjungi Kota Yogyakarta,” tandas Wahyu. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.