Berita Nasional Terpercaya

Hear Me, Inovasi untuk Bantu Penyandang Tunarungu

0

BANDUNG, BERNAS.ID – Mahasiswa Fakultas Informatika Telkom University (FIF Tel-U) berhasil mengembangkan sebuah aplikasi alat bantu komunikasi bagi penyandang disabilitas tuli dengan metode User Centered Design (UCD).

UCD sendiri merupakan metode penyelesaian masalah dengan melakukan pendekatan alternatif dalam membangun interaksi antarmuka yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Baca Juga Presiden Taiwan Tegaskan Rakyatnya Tak Takut China

Aplikasi bernama “Hear Me” ini merupakan hasil karya Ilmi Diina Aliyah. Ilmi merupakan mahasiswa disabilitas penyandang tuli dari FIF Telkom University Angkatan 2017.

Saat sidang akhir yang berlangsung Jumat (19/8) di Gedung Panambulai Telkom University, Ilmi mempresentasikan hasil tugas akhirnya, di mana Ilmi menjelaskan bahwa aplikasi yang dikerjakan ini merupakan pengembangan dari aplikasi yang sudah ada.

“Saya sendiri merasa aplikasi ini perlu dikembangkan lebih lanjut, maka dari itu saya kembangkan di bagian live transcribe, sehingga setelah dikembangkan akan mempermudah para penyandang tuli dalam berkomunikasi,” tuturnya.

Ilmi menceritakan, tujuan dari pengembangan aplikasi ini untuk membantu para penyandang tuli untuk dapat berkomunikasi dengan orang “normal” pada umumnya.

Baca Juga Israel Akan Pompa Air Laut Mediterania

“Kami mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang normal pada umumnya, karena menurut kami orang normal berbicara cepat dan panjang, selain itu orang normal juga banyak yang tidak bisa menggunakan bahasa isyarat, sehingga mengalami kesulitan dalam menjelaskan kepada penyandang tuli,” katanya.

Ilmi berhasil mengembangkan aplikasi ini selama kurang lebih 3 bulan, dan dalam sidang akhir tersebut, Ilmi berhasil meraih lulus dengan nilai sangat memuaskan. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.