Berita Nasional Terpercaya

Kepala Polisi Jepang Mundur dan Akui Kelalaian Pasca Tewasnya Shinzo Abe

0

JEPANG, BERNAS.ID – Kepala Badan Kepolisian Nasional Jepang, Itaru Nakamura mengundurkan diri setelah penyelidikan menemukan kelalaian dalam pengamanan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Ia juga menyampaikan ke depan akan dilakukan perombakan di tubuh Kepolisian Jepang terkait pengamanan.

Nakamura mengatakan akan merombak personel untuk pengamanan kepolisian Jepang ke depannya. “Saya mengajukan pengunduran diri saya ke Komisi Keamanan Publik Nasional hari ini,” kata Nakamura, Kamis (25/8) seperti diberitakan AFP.

Baca Juga PM Finlandia Jengkel Video Pribadi Viral

Ia pun mengaku adanya kekurangan dari rencana pengamanan Abe sampai terjadi peristiwa penembakan yang menewaskan Shinzo Abe. “Ada kekurangan dalam rencana pengamanan dan penilaian risiko yang menjadi dasarnya. Arahan dari komandan lapangan juga tidak cukup,” katanya.

Menurutnya, pangkal dari masalah pengamanan kepolisian Jepang saat ini terletak pada keterbatasan sistem yang telah diterapkan selama bertahun-tahun. “Kepolisian lokal bertanggung jawab sendiri untuk memberikan pengamanan,” ujarnya.

Pengamanan untuk mantan Perdana Menteri Jepang Abe saat itu terbilang sedikit. Kepolisian lokal juga telah mengakui kekurangan pengamanan Abe waktu itu.

Baca Juga Presiden Taiwan Tegaskan Rakyatnya Tak Takut China

Untuk pelaku penembakan Abe, Tetsuya Yamagami, saat ini menjalani evaluasi psikis untuk mengetahui kondisi psikisnya ketika menembak Abe. Yamagami mengaku dendam dengan Gereja Unifikasi dan menilai Abe memiliki hubungan dengan organisasi itu.

Sejak bergabung dengan Gereja Unifikasi, Ibu Yamagami mendonasikan sebagian besar harta keluarganya bagi Gereja Unifikasi tersebut sampai jatuh miskin. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.