Berita Nasional Terpercaya

Sleman Berambisi Juara Umum Kembali di Porda XVI Tahun 2022

8

SLEMAN, BERNAS.ID – Kabupaten Sleman siap menyelenggarakan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) III Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ajang olahraga dua tahunan tersebut akan digelar dari tanggal 1- September 2022.

Upacara pembukaan Porda dan Peparda akan digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman tanggal 1 September 2022 dengan dimeriahkan grupband Ibukota, Kotak dan Citra Skolastika. Acara akan dibuka oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Penutupan Porda tanggal 9 September juga dilakukan di Stadion Maguwoharjo.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sleman, Agung Armawanta mengatakan telah menyiapkan anggaran untuk operasional kegiatan atau untuk bonus bagi atlet yang meraih juara. “Kami sudah siapkan untuk operasional dan Rp8 miliar kami kunci untuk bonus. Ini untuk atlet, untuk yang cabornya juara,” tutur Agung, Kamis (25/8).

Untuk venue, Agung mengatakan sudah siap dipakai untuk atlet-atlet yang akan berlaga di Porda. Ia menyebut venue yang digunakan milik pemerintah daerah, universitas, dan balai desa. “100 persen sudah siap untuk digunakan dan venue tidak hanya di Sleman agar daerah lainnya juga ada gemanya Porda. Aeromodelling di Lapangan Gading, Gunungkidul. Sepatu roda di Stadion Sultan Agung, dan dayung di Waduk Sermo,” tuturnya.

“Saat ini, kita sudah siap, termasuk tim kesehatan dari 25 puskesmas untuk membackup pertandingan yang memerlukan ambulans lebih dari satu,” imbuhnya.

Agung mengatakan Porda tahun 2022 ini akan mempertandingkan 44 cabang olahraga. Sedangkan, untuk Peparda akan dilombakan 10 cabang olahraga.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Sekretaris Umum KONI Sleman, Endarjo menargetkan kontingen atlet Sleman bisa hattrick lagi untuk kedua kalinya. Hal ini sesuai slogan dari Porda XVI tahun ini, yakni Sembada Hattrick Lagi.

“Sembada Hattrick Lagi karena Sleman pernah juara ketiga kali berturut-turut pada tahun 2005, 2007, dan 2009. Kemudian juara tahun 2017 di Bantul, 2019 di Kota Yogyakarta, dan di Sleman 2022 ingin juara,” ujarnya.

Untuk hatrick lagi, Endarjo terus memotivasi para atlet agar bertanding maksimal saat bertanding apalagi saat ini bertanding di Sleman sebagai tuan rumah Porda 2022. “Kalau di kota lain aja bisa juara umum, mosok di tempat sendiri tidak bisa. Nah kita ingin juara umum lagi,” tuturnya.

Ia mengatakan Porda 2022 akan memperebutkan 470 medali emas dan kontingen atlet Sleman menargetkan meraih minimal 170 emas untuk menjadi juara umum. “Kalau sudah 160 atau 170 kita sudah juara umum, tapi untuk atlet mereka harus meraih emas minimal 200,” terangnya.

Sementara Ketua National Paralympic Committe (NPC) Sleman, Suwartoyo menargetkan bisa meraih 33 persen dari total medali yang diperebutkan di 10 cabor. “10 cabor kita menargetkan untuk bisa meraih sekitar 44 medali dari 135 nomor yang dipertandingan. Kami berusaha untuk meraih 33 persen dari yang dipertandingan,” tukasnya. (jat)

8 Comments
  1. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  2. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  3. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  4. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  5. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  6. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  7. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

  8. […] Baca Juga Sleman Berambisi Juara Umum Kembali Di Porda XVI Tahun 2022 […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.