Berita Nasional Terpercaya

Pasca Bertemu Anies Baswedan, Begini Kata SKI DIY

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sekretariat Kolaborasi Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (SKI DIY) yang merupakan gabungan dari beberapa elemen relawan pendukung Anies Baswedan di DIY baru saja bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut pada Rabu 24 Agustus 2022 lalu di Jakarta.

Koordinator SKI DIY, Kardi, SH menyampaikan, ada beberapa pikiran yang mengemuka dari hasil penyampaian aspirasi masyarakat kepada Anies Baswedan.

“Jadi kemarin itu pertemuannya berlangsung di Pendopo Anis Baswedan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu 24 Agustus 2022. Dari pukul 06.30 hingga 08.00 WIB. Diawali dengan penyampaian pandangan perwakilan rombongan dari DIY, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta,” ujar Kardi saat jumpa media di Yogyakarta, Minggu (28/8/2022).

Ditambahkan Kardi, sehubungan dengan kegiatan yang telah berlangsung, maka SKI DIY menyampaikan beberapa pesan dan harapan.

Baca Juga : Elemen Masyarakat Jogja Deklarasi Dukung Anies Baswedan Capres 2024

“Pertama, harapan besar agar para relawan Anis Baswedan bisa memfasilitasi adanya peningkatan partisipasi warga dalam proses pemilu maupun Pilpres 2024. Jangan sampai hajadan demokrasi lima tahunan ini hanya menjadi ajang kepentingan parpol dan para kontestan,” tutur Kardi.

“Menepikan peran serta masyarakat luas sebagai pemilik sah dan sejati kedaulatan negeri. Di samping itu, para relawan juga perlu melakukan interaksi dengan berbagai lapisan masyarakat untuk menampung aspirasi warga,” imbuhnya.

Lanjutnya, Kedua, jika masyarakat berikap pasif, maka parpol pun akan cenderung diam. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya proaktif.

“Para relawan diharapkan agar terus merajut komunikasi dengan partai politik di berbagai tingkatan. Dari tingkat pusat, propinsi, hingga kabupaten dan kota. Sesuai dengan kapasitas yang dimiliki,” katanya.

Memberikan gambaran obyektif bahwa bangsa ini memerlukan pemimpin yg tidak hanya cerdas, santun, tapi juga jujur dan amanah sehingga tidak dapat menyelesaikan problem-problem praksis namun juga secara sistemik dapat mengembalikan bangsa ini sesuai dengan amanat para pendiri bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Semua hal diatas sesuai dengan rekam politik hanya ada dalam figur Anies Baswedan.

“Ketiga, para relawan, simpatisan dan pendukung Anis Baswedan, juga diharapkan untuk terus aktif melakukan silaturahmi dengan para public figure, tokoh-tokoh dan pemuka masyarakat. Menjalin sinergi dan kolaborasi sumber daya agar bisa melakukan perbaikan keadaan menuju tahapan dan tatanan yang kita harapkan bersama. Silaturahmi ini diperlukan untuk menyatukan pikiran, pandangan, maupun kekuatan lintas elemen,” ucap Kardi.

Baca Juga : Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Pamer Kemesraan Makan Bubur Bareng Sebagai Tim Bubur Diaduk

Keempat, para relawan agar terus melakukan konsolidasi, tampil simpatik dan merapikan barisan. Relawan yang sudah terhimpun dalam satu komunitas, diharapkan agar tidak merangkap menjadi relawan maupun pengurus di simpul relawan yang lain. Biarkan masing-masing komunitas relawan tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter dan jati diri yang dimilikinya.

Kesamaan tujuan untuk mengusung Anis Baswedan harus lebih ditonjolkan. Dengan demikian, sinergi dan kolaborasi lintas komunitas atau lintas kelompok akan lebih mudah untuk dilakukan.

“Pesan dan harapan di atas akan dapat mencapai sasaran secara optimal jika kita melakukan semuanya penuh ketulusan, selalu mengobarkan semangat, mengerahkan segenap sumber daya yang dimiliki, menjangkau segala penjuru, serta menyampaikan pesan secara santun dan cerdas,” ungkap Kardi.

Sementara itu, Ketua Persaudaraan Mak Mak Indonesia (PMMI) Nur Aisyah Haifani pada kesempatan tersebut mengakui, Anies Baswedan merupakan sosok yang humble.

“Biasanya kan kalau kita bertemu tokoh itu harus berdesak-desakan, sedangkan dengan Pak Anies kita diminta antri satu per satu, sangat humble sekali,” kata Mak Ais panggilan akrabnya.

Sifat Anies Baswedan seperti itulah, yang menurut Mak Ais bisa menjadi sosok pemimpin negara di masa depan. (cdr)

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Pasca Bertemu Anies Baswedan, Begini Kata SKI DIY […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.