Berita Nasional Terpercaya

Harga Telur Terus Naik, Industri Pangan Menjerit

1

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Harga telur terus naik, hingga tembus angka Rp 31.000 per kilogramnya. Sementara itu, industri pangan yang menggunakan bahan telur menjerit.

Salah satu penjual nasi uduk dan nasi kuning di kawasan Banguntapan, Bantul, Amalia mengaku, merasakan kenaikan harga telur sejak akhir bulan Ramadhan lalu, sekitar tiga hingga empat bulan lalu.

“Kenaikan harga telur terasa sejak akhir puasa dan awal lebaran,” katanya, Sabtu (27/8/2022).

Baca Juga : Harga Cabai dan Telur Diprediksi Bakal Naik Sebentar Lagi

Bahkan kata Amalia, kenaikan harga yang sempat menembus angka Rp31.000 per kilogramnya ini, dianggap sudah tidak wajar. “Kalau ini naiknya banyak sekali, mbok yo kalau naik ya kira-kira,” imbuhnya.

Karena menurutnya, dia tidak mungkin untuk menaikan harga nasi uduk dan nasi kuning yang dijualnya, akibat dari kenaikan harga telur ini. “Ya kita nggak mungkin menaikan harga apalagi menyusutkan porsinya,” tuturnya.

Saat ini dia hanya bisa berharap, pemerintah dapat menurunkan kembali harga telur tersebut.

“Ya semoga harga telur bisa turun kembali, kalau memang tidak bisa turun ke harga semula, minimal bisa turunlah, tidak seperti sekarang ini harganya,” harapnya.

Amalia menyebutkan dalam sehari bisa menghabiskan sedikitnya lima kilogram telur, dan 10 kilogram telur pada hari Jumat.

Baca Juga : Anak Kos Waspadalah, Harga Mi Instan Terancam Naik 3 Kali Lipat

Hal senada juga diungkapkan oleh Ujang penjual Telur Gulung, yang dengan terpaksa harus menurunkan porsi barang dagangannya.

“Kalau menaikan harga ya nggak mungkin, paling kita menurunkan porsinya, dibuat lebih sedikit gitu,” katanya.

Namun, dengan menurunkan porsi barang yang dijualnya, itu juga berpengaruh terhadap pendapatannya setiap harinya. “Biasanya satu hari bisa bawa uang Rp200 ribu, sejak telur naik ini, kita cuma bisa bawa uang Rp120 ribu,” terangnya.

Oleh karena itu, Ujang juga meminta kepada pemerintah dan pihak terkait agar bisa menurunkan harga telur yang terlanjur melambung tinggi saat ini. (cdr)

 

1 Comment
Leave A Reply

Your email address will not be published.