Berita Nasional Terpercaya

NATO Kerahkan Militer di Asia-Pasifik untuk Gertak China

0

JERMAN, BERNAS.ID – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengerahkan militer di kawasan Asia-Pasifik untuk menggertak China. NATO merasa khawatir dengan kekuatan dan pengaruh Negeri Tirai Bambu di kawasan Asia-Pasifik.

Salah satu anggota NATO, untuk pertama kalinya, Jerman melalui angkatan udaranya telah mengirim 13 pesawat militer ke wilayah Asia-Pasifik. Pengiriman angkatan udara Jerman mengikuti serangkaian latihan militer bersama bernama Pitch Black di Australia.

“Kami ingin menunjukkan bahwa kami bisa berada di Asia dalam sehari,” ujar kepala staf Angkatan Udara Jerman Letnan Jenderal Ingo Gerhartz diberitakan South China Morning Post, Minggu (28/8).

Baca Juga Israel Akan Pompa Air Laut Mediterania

Nantinya, pesawat militer Jerman juga akan mengikuti latihan bersama di Singapura. Lalu, dalam jumlah pesawat yang lebih sedikit, akan mengunjungi Korea Selatan dan Jepang.

Peneliti Institut Hubungan Internasional Kontemporer China, Sun Keqin mengatakan pengerahan pesawat Jerman sebenarnya tidak perlu karena tak punya wilayah di Pasifik. “Dalam keadaan normal, tidak perlu sama sekali terlibat dalam langkah ini, dan Jerman memiliki banyak perdagangan di sini,” ujarnya.

Baca Juga Presiden Taiwan Tegaskan Rakyatnya Tak Takut China

Sun mengatakan Jerman telah membuat perubahan dalam kebijakan keamanan negaranya setelah invasi Rusia ke Ukraina. Ia menilai pengerahan itu dilakukan dengan latar belakang NATO yang menyebut China adalah tantangan sistemik.

“Indo-Pasifik adalah fokus AS dan itu menunjukkan Jerman berkoordinasi dengan AS, yang merupakan saingan China,” tukas Sun. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.