Berita Nasional Terpercaya

Research and Inovation Expo UMY Pamerkan 28 Inovasi Dosen dan Mahasiswa

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Research and Inovation Expo di Gedung Dasron Hamid Research and Inovation Center, Senin (29/08). Expo ini juga meresmikan program Sinergi untuk Pemberdayaan (SUMBER) UMKM, program pemberdayaan dan pengembangan UMKM yang ditangani Cluster Research Economic LRI UMY.

Kepala LRI, Prof Dr Dyah Mutiarin, mengatakan agenda expo ini sebagai salah satu bentuk pameran dari luaran penelitian dosen UMY. “Expo ini diadakan sebagai bentuk pengenalan juga pameran output dari penelitian dosen kepada stakeholders juga mitra UMY. Output yang menghasilkan berbagai macam produk yang berguna bagi bidang kesehatan juga bidang lainnya yang dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat,” terangnya.

Baca Juga Presiden Taiwan Tegaskan Rakyatnya Tak Takut China

Dalam kesempatan tersebut, Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank BRI turut memberikan bantuan guna kelangsungan riset dan inovasi UMY berupa uang sebesar Rp1,5 Milyar.

“Saat ini, kita kedatangan CSR Bank BRI yang memberikan bantuan dana untuk kelangsungan riset dan inovasi dari penelitian yang dilakukan UMY. Kami punya Cluster Research Islamic Economics and Inovative Education sehingga dengan adanya bantuan ini, harapannya inovasi yang dilakukan oleh cluster ini mampu mendorong UMKM-UMKM yang ada di sekitar kita,” lanjut Dyah.

Prof Dr Ir Sukamta, Wakil Rektor Bidang Akademik mengapresiasi Bank BRI karena telah memberikan dukungan kepada UMY dalam hal riset. Ia juga mengatakan jika agenda ini menjadi salah satu agenda untuk mendekatkan UMY dengan mitra juga dunia industri.

“Agenda ini merupakan agenda tahunan, tapi pelaksanaan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena ini perdana kami selenggarakan di Gedung pusat riset baru kami. Agenda ini juga salah satu langkah kami untuk mendekatkan hubungan dengan para mitra juga dunia industri. Dalam proses pendidikan mencetak lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan user, tentu harus melibatkan mitra juga industri dan ini juga salah satu langkahnya,” urai Sukamta.

Baca Juga Israel Akan Pompa Air Laut Mediterania

Sukamta menyebut UMY berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi dan pembaharuan teknologi guna menjawab permasalahan yang ada di masyarakat untuk turut ikut andil membangun negeri. Tak hanya itu, ia mengucapkan apresiasi juga terima kasihnya terhadap pihak-pihak yang memberikan kepercayaan terhadap UMY.

Dalam agenda expo ini, ada 28 karya inovasi yang dihasilkan dari penelitian dosen dan mahasiswa UMY. Produk-produk keluaran penelitian tersebut juga telah memiliki hak paten di bidang Kedokteran, teknik, dan pertanian. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.