Berita Nasional Terpercaya

Taiwan Ancam Tembak Drone China yang Masuk Wilayahnya

0

TAIWAN, BERNAS.ID – Militer Taiwan akan mulai menembak jatuh setiap pesawat tak berawak China yang masuk wilayahnya. Namun, penembakan drone China berdasarkan Kementerian Pertahanan Taiwan akan diawali dengan peringatan terlebih dahulu.

Insiden terbaru, sebuah drone menangkap rekaman tentara Taiwan yang ditempatkan di pos pengawasan di Distrik Leyu, Kabupaten Kinmen, Sabtu (27/8).

Baca Juga PM Finlandia Jengkel Video Pribadi Viral

Tindakan tegas itu dilakukan oleh Taipei setelah muncul banyak rekaman pemantau yang merekam banyaknya UAV China yang sering mondar-mandir dekat wilayah. Taiwan menilai drone-drone tersebut membahayakan fasilitas strategis Taiwan.

“Taiwan bersumpah ketika ada intrusi drone di masa depan terjadi, Angkatan Darat akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengusir drone seperti membunyikan peluit, menyiarkan peringatan radio, dan menembakkan suar sinyal. Tetapi jika UAV enggan pergi, itu akan ditembak jatuh,” bunyi pernyataan Kemhan Taiwan seperti dikutip Taiwan News.

“Angkatan Bersenjata akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, termasuk mengusir mereka,” ucap pernyataan Kemenhan Taiwan.

Baca Juga Presiden Taiwan Tegaskan Rakyatnya Tak Takut China

Kemenhan Taiwan saat ini sedang memasang sistem pertahanan anti-drone yang dikendalikan dari jarak jauh. Nantinya, akan ditempatkan di 45 fasilitas di seluruh Taiwan pada 2022-2026 untuk meningkatkan keamanan pangkalan dan penerbangan serta kemampuan pertahanan di masa perang. Taiwan diperkirakan telah menggelontorkan US$141 juta untuk memasang sistem pertahanan tersebut. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.