Berita Nasional Terpercaya

Satu Dasawarsa UUK DIY, Biro Tapem Tekankan Penguatan Lembaga Kalurahan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setda DIY, diwakili KPH Yudanegara, PhD menghadiri malam tirakatan dalam rangka memperingati Satu Dasawarsa Undang-undang Keistimewaan (UUK) DIY di Kalurahan Mangunan (30/8). KPH Yudanegara hadir bersama Kepala Disnakertrans DIY, dan Ketua Sekber Keistimewaan DIY.

Acara tirakatan dibuka dengan sambutan oleh Lurah Mangunan, Aris Purwanto. Menurutnya, malam tirakatan tersebut membuktikan konsistensi kalurahan dalam mendukung Keistimewaan DIY. “Wujud syukur serta kecintaan kami pada Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman yang menjadi representasi Keistimewaan DIY,” tuturnya.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Aris mengatakan dalam Visi-Misi Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Paku Alam X sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan 2022-2027, mendudukkan kalurahan pada konteks reformasi birokrasi sebagai salah satu upaya mewujudkan Pancamulia masyarakat Jogja.

Kanjeng Yudanegara dalam sambutannya mengharapkan sinergi dan kolaborasi yang semakin kuat antara Pemda DIY, Pemkab dan Pemerintah Kalurahan. Menurutnya, kalurahan sebagai garda terdepan dalam pelayanan masyarakat berperan strategis untuk meningkatkan kualitas hidup-kehidupan dan pengidupan warga, pembangunan yang inklusif, serta pengembangan kebudayaan masyarakat.

“Lembaga kalurahan harus kuat untuk menjalankan peran tersebut. Reformasi kalurahan dimulai dengan kinerja yang terukur, SDM berkualitas, pelibatan sumberdaya masyarakat secara aktif, serta beriorientasi pada pemanfaatan teknologi. Oleh karenanya, asistensi dan pendampingan dari Pemda DIY serta Pemkab mutlak diperlukan. Kata kuncinya sinergi dan kolaborasi,”tutur Kanjeng Yudanegara.

Biro Tapem siap mengawal reformasi birokrasi kalurahan. “Arahan Gubernur bahwa semangat reformasi birokrasi untuk cepat dan tepat melayani, diharapkan terimplementasi sampai Kalurahan, sehingga masyarakat merasakan langsung manfaatnya, seperti perbaikan layanan, sikap kerja, dan pelayanan prima dari Pamong Kalurahan,” ujar Yudanegara.

Baca Juga Pemda DIY Diminta Bertanggung Jawab Kelola Sampah Secara Profesional

Ketua Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan DIY “Nayantaka”, Gandang Hardjanata menyampaikan malam tirakatan dilakukan serentak di 392 kalurahan. Tirakatan merupakan inisiatif dari Lurah, Pamong Kalurahan, serta Staf Pamong Kalurahan.

“Pemerintah Kalurahan bersama Pemda DIY dan Pemkab tentu siap menjaga dan mengawal tujuan Keistimewaan DIY,” ucap Gandang.

Dalam malam tirakatan tersebut, Lurah, Pamong Kalurahan, Staf Pamong Kalurahan bersama tokoh masyarakat turut membaca ikrar “Kawula Ngayogyakarta Hadiningrat”. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.