Berita Nasional Terpercaya

Setelah 10 Hari Pencarian, Tim SAR Hentikan Pencarian ABK KM Teman Niaga

0

BATULICIN, BERNAS.ID – Pencarian terhadap 8 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Teman Niaga yang masih dinyatakan hilang di Selat Makassar akhirnya dihentikan.

Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Banjarmasin, Amri Zuna Kurniawan mengatakan, pencarian dihentikan setelah 10 hari pencarian tidak lagi menemukan korban.

Baca juga: Warga Pesisir Kotabaru Temukan Potongan Tubuh, Diduga ABK KM Teman Niaga

“Hari ini operasi Search and Rescue (SAR) dihentikan setelah 10 hari pencarian,” ujar Amri Zuna Kurniawan dalam keterangannya, Minggu (4/9/2022).

Amri menerangkan jika pencarian hari terakhir tidak membuahkan hasil seperti pada 3 hari sebelumnya, di mana 3 korban ditemukan dalam kondisi tewas.

Padahal kondisi cuaca pada hari terakhir cenderung bersahabat dan tidak menjadi hambatan.

Amri juga merinci jumlah keseluruhan korban, baik yang ditemukan selamat, meninggal dunia maupun yang dinyatakan hilang.

“Kondisi cuaca hari terakhir bagus, tapi pencarian nihil. Itu berarti 4 korban selamat, 3 meninggal dan 8 sisanya tidak ditemukan,” jelasnya.

Dari 3 korban yang ditemukan meninggal, hanya 2 yang berhasil teridentifikasi sementara 1 lainnya belum teridentifikasi dikarenakan hanya berupa potongan tubuh.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik, Ini Yang Disiagakan Basarnas Banjarmasin

Sebelumnya, KM Teman Niaga dilaporkan tenggelam di Selat Makassar pada, Selasa (22/8/2022) saat berlayar dari Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) menuju Biring Kassi, Sulawesi Selatan (Sulsel).

KM Teman Niaga baru diketahui tenggelam 3 hari kemudian setelah 4 ABK berhasil ditemukan selamat mengapung oleh kapal roro Dharma Fery III yang kebetulan melintas di Selat Makassar dalam pelayaran dari Pare-pare, Sulsel menuju Batulicin, Kalsel. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.