Berita Nasional Terpercaya

Rail Clinic Hadir di Stasiun Sentolo Kulonprogo

0

KULONPROGO, BERNAS.ID – Rail Clinic, atau kereta api untuk pelayanan kesehatan hari ini, Rabu 7 September 2022 hadir di Stasiun Sentolo Kulonprogo. Kereta dihadirkan untuk memberikan layanan kesehatan gratis,  vaksinasi booster, dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat setempat.

“Hari ini merupakan rangkaian acara dalam rangka ulang tahun Kereta Api [Indonesia] yang ke-77,” ujar Executive Vice President PT KAI Daop 6 Yogyakarta Iwan Eka Putra.

Baca juga: Kabar Gembira Bagi Lansia, Naik Kereta Api Dapat Potongan 20%

Ia mengaku, PT KAI ingin berkontribusi besar untuk kesehatan masyarakat. Termasuk melakukan dengan cara yg tidak biasa, yakni dengan vaksinasi di Rail Clinic.

“Alhamdulillah pendaftaran 500 [orang] untuk vaksinasi booster tercapai. Kami juga siap melakukan di tempat-tempat lain,” kata Iwan.

Baca juga: PT KAI Turut Kirim Kereta Medis Untuk Korban Tsunami

Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana menjelaskan, di dalam kesempatan ini dilakukan vaksinasi booster gratis kepada masyarakat menggunakan booster merah putih. Hal ini menurutnya istimewa, karena vaksinasi dilakukan di gerbong kereta api.

“Tadi saya sudah melihat gerbongnya. Mungkin hanya 0,1 persen masyarakat yang mendapatkan kesempatan divaksin di gerbong Rail Clinic. Gerbong ini hanya satu-satunya di Indonesia,” kata dia.

Ia mengakui bahwa capaian vaksinasi booster di Kulon Progo masih rendah, di bawah rata-rata di DIY. Ini menurut dia karena masyarakat mobilitasnya kurang, atau merasa cukup dengan sekali dua kali vaksin.

“Kami akan jemput bola. Melakukan penguatan supaya masyarakat lebih banyak lagi yang divaksin booster,” kata dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.