Berita Nasional Terpercaya

AS Kabari Rusia saat Uji Coba Rudal Nuklir Minuteman III

0

AMERIKA SERIKAT, BERNAS.ID – Militer Amerika Serikat menerapkan kebijakan yang terbilang langka saat uji coba rudal nuklir antarbenua, Rabu (7/9). Kebijakan langka yang dilakukan, yaitu militer Amerika Serikat memberitahu atau permisi ke Rusia untuk uji coba rudal tersebut.

Deutsche Welle melaporkan Pentagon telah melakukan uji coba rudal ICBM Minuteman III untuk yang kedua kali kurang dari sebulan.Rudal antarbenua ICBM Minuteman III merupakan salah satu senjata andalan AS. Rudal itu bisa membawa hulu ledak nuklir dalam situasi perang.

Baca Juga PM Finlandia Jengkel Video Pribadi Viral

Juru bicara Pentagon, Brigadir Jendral Pat Ryder mengatakan uji coba ini telah lama dijadwalkan. Ia juga menyebut AS juga telah memberitahu Rusia serta beberapa negara lain.

“Akan ada pelaksanaan uji coba yang akan diluncurkan komando Angkatan Udara pada dini hari, 7 September, dari Pangkalan Luar Angkasa di California,” tuturnya, Selasa (6/8).

Ryder mengatakan tujuan dari uji coba rudal untuk mendemonstrasikan kesiapan kekuatan nuklir AS. “Untuk meningkatkan kepercayaan dalam hal keamanan dan efektivitas dalam pertahanan negara berbasis nuklir,” ujar Ryder.

Baca Juga Israel Akan Pompa Air Laut Mediterania

Ryder mengatakan, Pentagon akan segera melakukan tes rudal ICBM yang kedua setelah berhasil melaksanakan uji coba yang pertama pada Agustus.

Sebelumnya, AS sukses melakukan uji coba peluncuran rudal Minuteman III pada 16 Agustus. Peluncuran itu dilakukan setelah sempat mengalami penundaan karena tensi di Ukraina dan Taiwan yang meningkat.

Rudal antarbenua Minuteman III pada uji coba pertama berhasil mendarat di atol Kwajalein, Kepulauan Marshall, di Pasifik Barat usai menempuh 6.760 kilometer. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.