Berita Nasional Terpercaya

Mahasiswa Vokasi Ciptakan Jaket Pendeteksi Kecelakaan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM menciptakan produk jaket yang bisa meminimalisir jatuhnya korban jiwa pada kecelakaan lalu-lintas. Jaket itu dinamai Jacket Air Chuison Restraint Safety System Berbasis Arduino.

Salah satu perancang, Ademas Alam Pangestu, mahasiswa Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol merasa prihatin dengan angka kasus kecelakaan yang terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. “Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada tahun 2021,” tuturnya, Kamis (8/9).

Baca Juga Muhibah Budaya, Wujud Kerjasama DIY Dan Trenggalek

“Kami memandang perlu adanya peningkatan Safety Riding tambahan, guna menekan angka korban jiwa kecelakaan lalu lintas terutama roda dua,” imbuh Ademas.

Ia mengatakan produk Jacket Air Chuison Restraint Safety System Berbasis Arduino dapat mendeteksi kecelakaan secara otomatis dengan menggunakan sistem mikrokontroler dan sensor otomatis. Apabila terjadi perubahan percepatan yang signifikan dan kemiringan jaket melebihi derajat tertentu secara bersamaan, jaket akan mengembang secara cepat dengan tekanan udara yang tinggi.

“Jaket telah didesain untuk mengamankan tubuh pengguna jika terjadi kecelakaan dan terdapat tekanan udara yang tinggi didalam jaket,” terangnya.

Ademas mengembangkan jaket ini bersama Genesis Junior Sumlang, mahasiswa Teknologi Rekayasa Elektro, Wahyu Agong Nugroho Jati, mahasiswa Teknologi Rekayasa Mesin, Alfian Eka Setyawan, mahasiswa Teknologi Rekayasa Mesin, dan Saadah Mardatilah, mahasiswa Teknologi Rekayasa Internet.

Baca Juga Presiden Taiwan Tegaskan Rakyatnya Tak Takut China

Ir Maun Budiyanto,ndosen pendamping tim PKM, mengharapkan produk ini dapat segera diproduksi secara massal sehingga bisa digunakan oleh masyarakat luas untuk meningkatkan keamanan berkendara roda dua.

Ia juga menerangkan bahwa perkembangan teknologi mikrokontroler yang pesat dapat meningkatkan percepatan adanya karya inovatif yang baru. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.