Berita Nasional Terpercaya

Empat Mahasiswa UAJY Selesaikan Program Pertukaran Pelajar di Jerman

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Empat mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) telah berhasil menyelesaikan program pertukaran pelajar di Jerman.

Agatha Carolina Agusta, Bintang Khairunisa Sakuntala, Ellyn Priwanti, dan Graciella Budiprajitno menerima beasiswa pembiayaan penuh dari Erasmus+ untuk melakukan pertukaran pelajar ke Technische Universitat Ilmenau, Jerman selama satu semester dari April-Agustus 2022. Keempat mahasiswa tersebut merupakan batch kedua yang menerima hibah dari Erasmus+.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Program pertukaran pelajar ini merupakan bentuk kerja sama FISIP UAJY dengan Technische Universitat Ilmenau. Masing-masing mahasiswa dibiayai penuh mulai dari transportasi Indonesia-Jerman dan sebaliknya, akomodasi, hingga biaya pendidikan di Jerman. Selain itu, mahasiswa juga menerima konversi SKS penuh.

Proses seleksi mahasiswa dilakukan sejak Oktober 2021 yang lalu, dan mahasiswa diberangkatkan April 2022 yang lalu. Seperti layaknya beasiswa yang lain, mahasiswa melalui proses seleksi berkas dan wawancara berbahasa Inggris. Setelah dinyatakan lolos, mahasiswa masih harus mengurus beberapa hal terkait keberangkatan, salah satunya aplikasi VISA Jerman.

“Waktu itu mempersiapkan dokumen dan VISA menjadi bagian yang cukup sulit, karena ini pertama kalinya bagi kami melewati proses ini. Apalagi VISA Jerman menjadi salah satu VISA yang administrasinya sulit. Tapi untungnya kami berhasil selesaikan dengan tepat waktu,” jelas Ellyn ketika ditanya terkait kendala selama proses persiapan.

Baca Juga Penembakan Dan Ledakan Bom Mewarnai Pilpres Filipina

Program pertukaran pelajar menjadi kegiatan yang diimpikan banyak mahasiswa, karena dapat melihat dan mengalami berbagai hal baru yang tidak biasa. Keempat mahasiswa mengaku pengalaman pertukaran pelajar menjadi pengalaman seumur hidup yang mengesankan untuk bisa dirasakan.

“Pengalaman yang tidak terlupakan bisa belajar banyak hal mulai dari gaya hidup, bahasa, serta bertemu dan berdinamika dengan teman-teman baru dari berbagai negara,” jelas Graciella terkait kesannya menjadi exchange student.

“Seru sih, bisa melihat bagaimana kehidupan di negara luar. Kalau sebelumnya hanya bisa tahu dari cerita-cerita orang atau lihat di internet, sekarang ada kesempatan untuk melihat sendiri negara-negara lain di Eropa dan cara hidupnya mereka,” sebut Bintang.

Para awardees kali ini berharap agar ke depannya semakin banyak mahasiswa yang semangat untuk menggapai impian mengikuti program pertukaran pelajar. Terlebih, FISIP UAJY sudah memfasilitasi dengan adanya program fully-funded ini.

Program pertukaran pelajar fully-funded ke Jerman masih dibuka untuk batch terakhir periode summer semester April -September 2023 yang akan datang. Pendaftaran sudah dibuka dan akan ditutup pada 20 Oktober 2022. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di Instagram @fisip_uajy. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.