Berita Nasional Terpercaya

DP3 Sleman Target 37 Ribu Ternak Rentan PMK Dipasangi Eartag

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman akan mulai melaksanakan penandaan dan pendataan ternak pasca vaksinasi Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Penandaan ini menggunakan tanda pengenal atau identitas berupa Eartag Secure QR Code yang terhubung secara Digital.

Penggunaan eartag menindaklanjuti Keputusan Menteri Pertanian RI Nomor 559/Kpts/PK.300/M/7/2022 tentang penandaan dan pendataan ternak dalam rangka penanggulangan PMK.

Baca Juga Polisi Ungkap Sindikat Curanmor Di Sleman

Kepala Dinas DP3 Sleman, Suparmono mengatakan Eartag Secure QR Code tersebut terhubung secara digital melalui aplikasi yang bernama “Identik PKH” pada handphone berbasis android. Ia mengatakan aplikasi tersebut sudah tersedia dan dapat diunduh melalui Play Store.

“Siapapun melalui aplikasi tersebut dapat mengidentifikasi ternak-ternak yang telah divaksin melalui kartu vaksin virtual,” tuturnya, Jumat (16/9).

Lanjut tambahnya, eartag yang terpasang pada hewan ternak akan penginputan data identitas hewan dan identitas pemilik (peternak) pada aplikasi IDENTIK PKH. Ia menyebut target ternak di Kabupaten Sleman yang akan dipasang eartag sebanyak 37.000 ekor sapi dan kerbau.

Baca Juga Para Pengeroyok Aditya Eka Putranda Sudah Siapkan Senjata Tajam Dan Pemukul

“Diawali dari Wilayah Dusun Srunen Glagaharjo Cangkringan sejumlah 100 ekor ternak pada hari ini. Penandaan ternak ini dilakukan pada hewan rentan PMK seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi,” tutur Pram.

Pram mengatakan, pemasangan eartag ini juga bertujuan untuk memudahkan pencatatan dan pendataan, monitoring jumlah populasi hewan, status reproduksi, dan distribusi melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

“Harapannya dengan penandaan dan pendataan secara digital ini dapat mendukung optimalisasi pelaksanaan pengendalian dan pencegahan perluasan kejadian PMK di lapangan,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.