Berita Nasional Terpercaya

Perguruan Tinggi Swasta DIY Keluhkan Pembebanan Pajak ke Komisi X DPR RI

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Sejumlah perwakilan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengeluhkan adanya pembebanan pajak dan pergantian lembaga penilai akreditasi ke Panja Perguruan Tinggi Komisi X DPR RI di UMY, Jumat (16/9).

Menurut sejumlah rektor dari PTS di DIY, pembebanan pajak memberatkan PTS. Ditambah, perhatian Pemerintah terhadap PTS masih kurang.

Baca Juga Militer Rusia Latihan Tembak Rudal Nuklir

Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto menyebut adanya kesenjangan antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). “Perhatian Pemerintah terhadap PTS masih kurang layaknya anak kos, padahal banyak PTS yang masih perlu perhatian dari pemerintah baik dari segi finansial maupun fasilitas lainnya,” tuturnya.

Jaka Nugraha, selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset Universitas Islam Indonesia (UII) mengatakan sebagai PTS, pihaknya sudah sekuat tenaga dalam mengelola keuangan dengan memanfaatkan dana hibah secara efisien dan efektif.

“Namun, adanya pembebanan pajak pada PTS justru menjadikan hal tersebut sebagai tantangan baru bagi PTS,” katanya.

Baca Juga Mendagri Ajak Seluruh Daerah Kelola Sampah Dengan Baik

Selain pembebanan pajak, para perwakilan PTS DIY juga mengeluhkan persoalan perpindahan lembaga akreditasi yang turut membebankan PTS karena persoalan pembayaran terhadap penilaian akreditasi PTS oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

“Pengalihan lembaga akreditasi yang semula dari BAN-PT ke LAM turut membebani PTS lantaran persoalan biaya, yang seolah-olah pemerintah seperti lepas tangan,” tutur Jaka Nugraha.

Kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi X yang dipimpin oleh Dr H abdul Fikri Faqih, MM menyatakan akan membicarakan kembali dengan Kementerian Keuangan untuk meringankan beban pajak terhadap PTS agar tidak memberatkan. Sedangkan, untuk pergantian lembaga penilai akreditasi akan diadakan sebuah subsidi untuk penilaian akreditasi pada program studi masing-masing. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.