Berita Nasional Terpercaya

Sultan Resmikan Grha Padmanaba SMAN 3 Yogyakarta

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Grha Padmanaba, SMAN 3 Yogyakarta, Sabtu sore (17/9). Gedung baru tersebut merupakan hasil dari kolaborasi alumni dan donatur dalam rangkaian Lustrum XVI yang mengusung tema “Mengabdi Tiada Henti, Berbagi Setiap Hari”.

Alumni SMAN 3, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif selaku Ketua Lustrum ke-16 mengatakan, Grha Padmanaba merupakan satu gerakan untuk mengabdi tiada henti. “Semangatnya untuk mengabdi dan bersedia meletakkan kebaikan.Yang kami miliki saat itu hanya semangat,” tuturnya.

Ia pun mengungkapkan terima kasih kepada para alumni dan donatur yang telah bersedia direpoti dengan berbagai hal. “Gedung Grha Padmanaba memiliki 7 lantai dengan dana kurang lebih 17 milyar rupiah.Mudah-mudahan kita bisa terus-menerus mengabdi dan berbagi tiada henti,” katanya.

Baca Juga Muhibah Budaya, Wujud Kerjasama DIY Dan Trenggalek

Zudan juga berharap Grha Padmanaba nantinya bisa optimal pemakaiannya meski masih belum lengkap fasilitasnya. “Gedung sudah jadi, isinya belum ada, misal laboratorium, perlu alat-alat. Selain itu, masih ada ruang workshop, ruang pentas, perpustakaan, dan ruang kelas,” katanya.

Untuk mengabadikan kebaikan para donatur sekaligus ucapan rasa terima kasih, Zudan mengatakan ada Wall of Fame dalam Grha Padmanaba. “Mencatat kebaikan bapak dan ibu donatur, diabadikan di sana,” ucapnya.

Hendri Saparini, Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba mengatakan gedung Grha Padmanaba akan diserahkan ke Pemda DIY. Ia berharap gedung tersebut nantinya dapat bermanfaat untuk seluruh pelajar di DIY.

“Kita tidak sekedar menyelesaikan dan menyerahkan pemanfaatan ke Pemda DIY. Harapannya nanti bisa dimanfaatkan lebih banyak siswa atau pelajar di Indonesia. Tidak hanya untuk siswa SMA 3,” tuturnya.

Ia mengatakan, alumni Padmanaba untuk mewujudkan gedung tersebut tidak hanya memberikan dana saja, tapi network, baik itu angkatan dan secara pribadi. “Semoga nanti Grha Padmanaba bisa dimaksimalkan sebaik-baiknya agar semakin memotivasi alumni untuk berbuat lebih baik lagi,” katanya.

Baca Juga Sri Sultan Ikut Beri Masukan Jogja Planning Gallery

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dirinya ikut bangga dan mengucapkan terima kasih atas kerja ikhlas para alumni dan donatur. Ia juga menyebut baru kali ini, menerima gedung yang dibangun dari alumni sejak menjadi gubernur.

“Mengkonsolidasikan alumni itu tidak mudah. Modal sosial ini harus dijaga seperti kekuatan Jogja. Saya menghargai kerja dua tahun panitia atas keikhlasan mengingatkan dan nagih,” katanya.

Ngarso Dalem pun bersedia menerima Grha Padmanaba dengan kekurangannya seperti fasilitas yang belum komplit. “Kami pun tahu kekurangannya. Jangan sampai dengan kekurangan itu kita menjauh, tapi alumni tetap kompak dan mendekat. Yakin saja pasti semua selesai,” ujarnya.

“Kita punya tugas mempunyai untuk menyelesaikan. Pemerintah daerah akan untuk membantu agar bisa menjadi kebanggaan kita semua, pernah membantu untuk tempat kita belajar dahulu,” imbuhnya.

Sultan pun mengajak rembugan kepada semua alumni untuk membahas pada sektor mana, Pemda DIY bisa berkontribusi. “Jangan sampai apa yang sudah dilakukan tidak membawa manfaat. Mari kita sama-sama menyelesaikan dan saya juga ikut bertanggungjawab agar bisa digunakan sekolah. Semoga dari bangunan ini lahir pemimpin-pemimpin baru yang bisa membangun integritas yang baru,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.